Pembaruan PS5 blokir perangkat 'cheat' Cronus Zen

id PlayStation,ps5,PS5 blokir perangkat 'cheat', Cronus Zen

Pembaruan PS5 blokir perangkat 'cheat' Cronus Zen

PlayStation 5 (ANTARA/X/PlayStation)

Jakarta (ANTARA) - Pembaruan terbaru PlayStation (PS) 5 memblokir pemain untuk menggunakan Cronus Zen, perangkat yang digunakan para cheater (pemain curang) untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil dalam first-person shooters (FPS) dan game lainnya.

Laman The Verge, Kamis, melaporkan bahwa pemberitahuan di situs web Cronus memperingatkan para pemain bahwa pembaruan 24.01-08.60.00 untuk PlayStation 5 tidak lagi memungkinkan Cronus Zen untuk terhubung ke konsol.

Meskipun Cronus menyebut perangkat itu sebagai "emulator pengontrol," para pemain PlayStation 5 yang curang telah menggunakannya untuk melakukan segala macam penyesuaian digital pada pengontrol mereka, seperti mengurangi mundur dan mengatur makro.

Baca juga: Sony luncurkan paket PlayStation 5 EA Sports FC 24 pada 29 September

Beberapa pemain yang menggunakan keyboard dan mouse juga menggunakan Cronus Zen untuk mengelabui konsol mereka agar mengira bahwa mereka menggunakan kontroler untuk kepentingan bidikan dan kemampuan gerakan mereka.

Cronus mengatakan bahwa "tidak ada jadwal" kapan mereka akan membuat perangkat tersebut berfungsi kembali. Namun, belum juga diketahui apakah Sony mengeluarkan patch untuk memblokir Cronus Zen secara permanen dan khusus.

Baca juga: Sony PS5 edisi terbatas Spider-Man 2 hadir pada September

Juga tidak jelas apakah perangkat keras pihak ketiga lainnya yang digunakan untuk melakukan kecurangan, seperti XIM dan ReaSnow S1, juga akan terpengaruh.

Jika Sony benar-benar memblokir pemain untuk menggunakan Cronus Zen, hal ini tidak terlalu mengejutkan. Oktober lalu, Xbox mengeluarkan larangan besar-besaran terhadap pengontrol dan aksesori yang "tidak sah".

Activision Blizzard juga mulai menindak pemain yang menggunakan perangkat keras pihak ketiga untuk melakukan kecurangan pada game "Call of Duty" tahun lalu, sementara Ubisoft, Bungie, dan pengembang "Fortnite", Epic Games, juga melakukan hal yang sama.

Baca juga: Sony tak lagi tawarkan Koleksi PlayStation Plus setelah 9 Mei

Baca juga: Sony hadirkan pengontrol PS5 bagi penyandang disabilitas di CES 2023

Baca juga: Harga PS5 alami kenaikan di sejumlah negara