Kantor Imigrasi tingkatkan pelayanan melalui transformasi dan strategi digitalisasi

id Kanwil Kemenkumham Kalteng, Hendra Eka Putra, Kemenkumham, Kepala Kemenkumham Kalteng, kalimantan tengah, kalteng

Kantor Imigrasi tingkatkan pelayanan melalui transformasi dan strategi digitalisasi

Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-74 di Palangka Raya, Jumat (26/1/2024). ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Menyambut Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-74, Direktorat Jenderal Imigrasi bersama jajaran kantor imigrasi yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, terus bertransformasi dalam berbagai sektor pelayanan kepada masyarakat melalui strategi digitalisasi.

"Direktorat Jenderal Imigrasi juga terus menyesuaikan dinamika global perkembangan dunia," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalteng Hendra Eka Putra di Palangka Raya, Jumat.

Pernyataan itu diungkapkan Hendra saat menjadi inspektur upacara HBI ke-74 tahun 2024 mewakili sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly. Di mana upacara itu dilaksanakan di halaman Kanwil Kemenkumham Kalteng dan bertindak sebagai komandan upacara adalah Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya.

Diikuti oleh pejabat struktural, perwakilan pegawai dan Dharma Wanita dalam lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah.

Hendra mengatakan, pada 26 Januari 2024 Direktorat Jenderal Imigrasi merayakan hari jadi yang ke-74 tahun. Menjadi hari yang istimewa mengingat pencapaian, dedikasi, dan komitmen yang sudah dilaksanakan.

"Salah satunya dapat dilihat pada penerimaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Direktorat Jenderal Imigrasi tahun 2023 yang mencapai 320
persen," kata Hendra.

Capaian realisasi PNPB hingga 31 Desember 2023 adalah Rp7,6 triliun rupiah. Hal ini merupakan pencapaian terbesar kedua dalam sejarah Direktorat Jenderal Imigrasi.

"Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi berkontribusi dalam percepatan perekonomian nasional," kata Hendra.

Baca juga: Menpan RB Azwar Anas ditunjuk jadi menkumham "ad interim"

Komitmen implementasi “Transformasi Peran Keimigrasian Melalui Strategi Digitalisasi" sebagai tema HBI ini tercermin dalam berbagai inovasi dan penyederhanaan layanan yang adaptif.

Contohnya seperti penyederhanaan dalam proses pemeriksaan keimigrasian berupa fasilitas perangkat autogate di beberapa lokasi TPI dan yang akan segera diimplementasikan dalam waktu dekat adalah Golden Visa.

"Memperingati Hari Bhakti Imigrasi beliau tetap mengajak insan imigrasi untuk terus memegang teguh prinsip serta tata nilai PASTI dan BerAKHLAK dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi serta pekerjaan sehari-hari," kata Hendra.

Baca juga: Wakil Menkumham Eddy Hiariej diperiksa KPK terkait dugaan suap pengurusan administrasi

Baca juga: Sebanyak 175.023 pelaku usaha tercatat miliki sertifikat Perseroan Perseorangan

Baca juga: Eks wakil menkumham Denny Indrayana bantah bocorkan putusan MK terkait sistem pemilu