Simulasi pemungutan suara perkuat kesiapan pelaksanaan pemilu di Sukamara

id pemkab sukamara, penjabat bupati sukamara, kaspinor, pemilu 2024, pesta demokrasi, pemungutan suara

Simulasi pemungutan suara perkuat kesiapan pelaksanaan pemilu di Sukamara

Penjabat Bupati Sukamara Kapsinor usai mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS 002 di Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Pantai Lunci, Selasa (30/1). (ANTARA/HO-Humas Setda Sukamara)

Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor mengatakan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 harus menjaga kekompakan, integritas, transparansi serta pemahaman terhadap seluruh regulasi berkaitan dengan pelaksanaannya.
 
Hal tersebut disampaikannya saat mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di tingkat TPS pada Pemilu 2024 di Desa Sungai Tabuk, Kecamatan Pantai Lunci, Selasa.
 
“Kuatkan koordinasi, sinergi serta komunikasi, jaga dan pertahankan komitmen. Karena banyak yang menunggu hasil kerja berkualitas selaku anggota KPU, PPK, PPS, dan juga KPPS nanti,” pintanya.
 
Menurutnya, pada pelaksanaan pemilu ini, semua dituntut bekerja dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab dalam satu kesatuan yang utuh guna menyukseskan Pemilu 2024.
 
“Harapan kami, semoga melalui simulasi ini, kita memiliki kompetensi guna mengantisipasi terjadinya kesalahan pada saat pemungutan maupun penghitungan suara, yang bisa mengakibatkan terjadinya pemungutan suara ulang (PSU),” terangnya.

Baca juga: OJK Kalteng: TPAKD bentuk program khusus dukung tambak udang Sukamara
 
Dia menyampaikan kepada penyelenggara pemilu, khususnya PPK, PPS dan KPPS agar dalam penggunaan aplikasi Sirekap yang menjadi alat bantu penghitungan suara, benar-benar mempelajari serta menguasainya secara maksimal.
 
Tujuannya, supaya dalam pelaksanaan setiap kemungkinan kendala dan permasalahan dalam penggunaan aplikasi dapat teratasi.
 
“Kita ketahui bersama sebagai penyelenggara pemilu sangat berat dan kompleks, terutama bagi KPPS. Kami mengharapkan agar benar-benar disiapkan secara baik untuk sumber daya manusia, fisik dan juga mental,” pesan Kaspinor.
 
Dia pun mengajak semua elemen yang ada di Bumi Gawi Barinjam ini, mulai dari TNI, Polri, ASN, camat, lurah, kepala desa, organisasi kepemudan maupun organisasi kemasyarakatan ikut serta dalam menciptakan suasana Pemilu 2024 dengan damai dan suka cita.
 
“Kita jaga situasi daerah ini agar tetap tertib, aman dan kondusif, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 bisa menjadi yang terbaik, sukses, bermarwah dan bermartabat, bahkan bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya,” tutupnya.

Baca juga: Sukamara raih Terbaik I capaian realisasi APBD 2023 dan akselerasi penyaluran DD

Baca juga: Pj Bupati Sukamara minta pj kades tak hanya terpaku pada pembangunan infrastruktur