Sukseskan Pemilu di Sukamara, petugas penyelenggara diminta siapkan fisik dan mental

id pemkab sukamara, penjabat bupati sukamara, kaspinor, pemilu 2024, pesta demokrasi, sukamara

Sukseskan Pemilu di Sukamara, petugas penyelenggara diminta siapkan fisik dan mental

Penjabat Bupati Sukamara Kaspinor menghadiri apel siaga pengawasan pemilu serentak 2024 di Aula Kantor Bupati Sukamara, Sabtu (10/2). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) -
Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Kaspinor mengajak seluruh pihak berpatisipasi dalam menciptakan Pemilihan Umum atau Pemilu pada 14 Febuari 2024 berjalan dengan aman, nyaman, damai, dan berkualitas.
 
Hal tersebut disampikannya saat menghadiri apel siaga pengawasan Pemilu 2024 di aula Kantor Bupati Sukamara yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukamara, Sabtu.
 
“Pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara saja, tetapi peran serta semua pihak dalam mendukung terlaksananya pesta demokrasi supaya berjalan sukses, aman, damai dan lancar,” ucapnya.
 
Menurutnya, apel siaga pengawasan pemilu tersebut dilakukan sebagai titik awal dalam rangka mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi.
 
Dirinya berharap semua unsur untuk menyiapkan kesehatan fisik maupun mental, mengingat pelaksanaan tahapan demi tahapan akan sangat menguras tenaga.
 
“Harapnya, supaya dapat tercipta suasana damai dan kondusif, agar masyarakat nyaman dalam menentukan haknya untuk memilih. Berikan edukasi dan motivasi masyarakat di setiap kegiatan sosialisasi tentang tahapan pemilu. Ajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” pintanya.

Baca juga: BPBD Sukamara bentuk posko siaga antisipasi banjir
 
Kemudian, dirinya juga berpesan kepada Bawaslu beserta jajaran panwascam, pengawas kelurahan/desa (PKD) serta pengawas tempat pemungutan suara (PTPS), mempersiapkan upaya-upaya konkrit guna memastikan pemilu berjalan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.
 
“Seluruh penyelenggara pemilu bersama dengan pemerintah daerah sudah kompak bekerja bersama untuk menyambut pesta demokrasi ini. Hendaknya kebersamaan ini sesuai dengan semangat Gawi Barinjam. Kita juga sudah melakukan sosialisasi sedemikian rupa hingga ke tingkat bawah,” jelasnya.
 
Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan antispasi berkenaan dengan seluruh jajaran yang bertugas termasuk penyelenggara ASN dan non ASN, agar memberi pelayanan berkaitan dengan kesehatan penyelenggara pemilu tersebut.
 
“Kita juga persiapkan posko-posko kesehatan guna membantu penyelenggara pemilu terkait dengan kesehatan mereka,” demikian Kaspinor.

Baca juga: Hasil MCP KPK, Sukamara naik ke peringkat empat

Baca juga: Sekda Sukamara apresiasi inovasi kelurahan dalam pengembangan sektor UMKM

Baca juga: Pemkab Sukamara cegah tumpang tindih pelaksanaan program dan kegiatan