Pemerintah desa di Kapuas diminta optimalkan dana desa tingkatkan produksi pertanian

id Pemerintah desa di Kapuas diminta optimalkan dana desa tingkatkan produksi pertanian, kalteng, kapuas, ekonomi

Pemerintah desa di Kapuas diminta optimalkan dana desa tingkatkan produksi pertanian

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, saat mendampingi Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi dalam panen raya di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Selasa (20/2/2024). ANTARA/HO-Dinas PMD Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Budi Kurniawan, meminta peran aktif pemerintahan desa untuk mendorong peningkatan produksi pertanian melalui Dana Desa (DD).

“Karena DD boleh digunakan untuk ketahanan pangan minimal 20 persen dari DD. Penggunaannya salah satunya digunakan untuk peningkatan produksi pertanian guna membangun ketahanan pangan di masyarakat," kata Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikannya, saat mendampingi kunjungan kerja Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, dalam rangka melakukan panen raya di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh.

Pemerintah desa juga diminta untuk aktif mengajak masyarakatnya agar memanfaatkan lahan tidur atau yang tersedia untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan dan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Ia menyatakan pentingnya memanfaatkan lahan yang ada untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan perkebunan di tingkat desa.

Baca juga: Aldhika Kurniawan isi kekosongan kursi DPRD Kapuas

“Kami mendorong pemerintah desa agar aktif mengajak warganya untuk memanfaatkan lahan yang ada, misalnya lahan pekarangan, untuk ditanami dengan tanaman yang dapat menghasilkan,” katanya.

Dengan cara ini, sambungnya, tidak hanya masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri melalui hasil tanaman di lahan pekarangan, tetapi juga hasil panen yang berlebih dapat dijual atau dipasarkan. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat desa.

“Jadi, kami mendorong pemerintah desa untuk bisa mengajak seluruh masyarakatnya agar bersama-sama memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman yang dapat menghasilkan,” tambahnya.

Upaya ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam mendukung ketahanan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di tingkat lokal. Budi berharap agar kesadaran ini dapat terus ditingkatkan, sehingga setiap potensi lahan yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal demi kesejahteraan masyarakat desa.

“Kami berharap pemerintah desa dapat menjadi motor penggerak untuk mengajak masyarakatnya agar semakin banyak lahan yang dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan. Dengan begitu, kita dapat mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” demikian Budi.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas minta pengguna media sosial turut jaga kondusivitas

Baca juga: Pemkab Kapuas buka layanan pengaduan

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas dukung program Sekolah Penggerak