Partisipasi masyarakat Gumas pada pilkada diharap lebih baik

id Partisipasi masyarakat Gumas pada pilkada diharap lebih baik, kalteng, gumas, Gunung mas

Partisipasi masyarakat Gumas pada pilkada diharap lebih baik

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, memberi keterangan kepada awak media di Kuala Kurun, Senin (4/3/2024). ANTARA/Chandra 

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih kepada masyarakat di daerah setempat, yang telah menggunakan hak pilih mereka saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Diharap tingkat partisipasi masyarakat akan semakin baik pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, ucapnya di Kuala Kurun, Senin.

“Berdasarkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Mas, partisipasi masyarakat di daerah ini pada Pemilu 2024 sekitar 78 persen, itu sedikit di bawah harapan saya yakni 80 persen. Semoga partisipasi masyarakat bisa lebih baik lagi pada pelaksanaan Pilkada 2024,” sambungnya.

Walau demikian, orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gunung Mas itu tetap bersyukur karena Pemilu Serentak 2024 di daerah setempat bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Jaya juga menyampaikan apresiasi kepada KPU dan jajaran ad hoc, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajaran ad hoc, TNI, Polri, masyarakat, dan berbagai pihak lainnya, yang telah bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pemilu di daerah setempat.

Sebelumnya, Ketua KPU Gunung Mas Sugiono menyampaikan, bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah setempat, untuk pelaksanaan Pemilu 2024 adalah 78,58 persen.

Baca juga: Fisipol UMPR-Pemkab Gumas kerja sama peningkatan kualitas SDM aparatur

Untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, jumlah pemilih di Gunung Mas adalah sebanyak 92.547 orang, pengguna hak pilih 72.725 orang, sehingga angka partisipasi adalah 79 persen.

Untuk pemilihan DPD RI, jumlah pemilih di Gunung Mas adalah sebanyak 92.232 orang, pengguna hak pilih 72.516 orang, sehingga angka partisipasi adalah 79 persen.

Untuk pemilihan DPR RI, jumlah pemilih di Gunung Mas adalah sebanyak 92.356 orang, pengguna hak pilih 71.892 orang, sehingga angka partisipasi adalah 77 persen.

Untuk pemilihan DPRD provinsi, jumlah pemilih di Gunung Mas adalah sebanyak 92.299 orang, pengguna hak pilih 72.456 orang, sehingga angka partisipasi adalah 79 persen.

Untuk pemilihan DPRD kabupaten, jumlah pemilih di Gunung Mas adalah sebanyak 92.141 orang, pengguna hak pilih 72.307, sehingga angka partisipasi adalah 79 persen.

“Jumlah pemilih merupakan gabungan antara daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan (DPTb). Sedangkan pengguna hak pilih merupakan gabungan DPT, DPTb, dan daftar pemilih khusus (DPK), yang menggunakan hak pilihnya,” demikian Sugiono.

Baca juga: Bupati Gumas minta PPPK tingkatkan kinerja

Baca juga: Pemkab Gunung Mas komitmen wujudkan keamanan pangan terpadu

Baca juga: Pemkab Gunung Mas bebaskan seorang warga ODGJ dari pasung