Fisipol UMPR-Pemkab Gumas kerja sama peningkatan kualitas SDM aparatur

id Fisipol UMPR-Pemkab Gumas kerja sama peningkatan kualitas SDM aparatur, kalteng, umpr, Palangka raya

Fisipol UMPR-Pemkab Gumas kerja sama peningkatan kualitas SDM aparatur

Fisipol UMPR-Pemkab Gumas kerja sama peningkatan kualitas SDM pemerintah. ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (Fisipol UMPR) dan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur pemerintah dan masyarakat setempat.

"Kerja sama ini telah diresmikan dengan penandatangan kerja sama antara Fisipol UMPR dan Pemkab Gunung Mas awal pekan lalu," kata dekan Fisipol UMPR Dr Irwani di Palangka Raya, Selasa.

Penandatanganan itu dilakukan langsung oleh Dekan Fisipol UMPR dan Sekda Kabupaten Gunung Mas Richard yang disaksikan jajaran pejabat Fisipol UMPR dan jajaran pejabat pemkab setempat.

"Pada PKS ini ada tiga poin utama yang akan segera ditindaklanjuti melalui pelaksanaan program di lapangan," kata Irwani.

Pertama adalah pelaksanaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), kemudian pelaksanaan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), kelas reguler bagi lulusan SMA dan kelas Praktisi bagi yang masa kerja kurang dari lima tahun.

"Terakhir adalah pemberian izin belajar mahasiswa dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa dan mahasiswi dari Kabupaten Gunung Mas," kata Irwani.

Baca juga: Fisipol UMPR kirim 200 mahasiswa program KKN tematik bina kawasan

Kerja sama tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Gunung Mas dalam menghadapi jarak antara industri yang masuk ke daerah setempat dengan SDM yang tersedia.

Menjawab permasalahan ini, Pemkab Gumas merancangkan kerja sama peningkatan kualitas SDM melalui jalur pendidikan tinggi bagi masyarakatnya.

Salah satu program unggulan di fakultas ini adalah dilaksanakannya RPL selaku program Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program rekognisi pembelajaran lampau yang pada lulusan SMA sederajat atau diploma ataupun pekerja yang memiliki pengalaman kerja atau sedang bekerja

Program ini salah satunya ditujukan bagi orang yang berpengalaman kerja, tetapi secara teoritis dan kualifikasi pendidikan belum diakui secara gelar akademiknya.

Di antara keunggulan RPL ialah merupakan program resmi dari Kemendikbudristek, kuliah berkisar 4 semester dengan ketentuan menyesuaikan masa pengalaman kerja minimal lima tahun pada bidangnya. Selain itu, keunggulan lain adalah lebih hemat biaya kuliah, biaya juga bisa diangsur, dan perkuliahan daring/luring.

Baca juga: Fisipol UMPR tingkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dosen dan mahasiswa

Baca juga: UMPR terus dorong inklusivitas dalam meraih pendidikan tinggi

Baca juga: ANTARA-UMPR terus kolaborasi penyebaran informasi pendidikan tinggi