DPRD Kapuas apresiasi keberhasilan meraih piala Adipura

id DPRD Kapuas apresiasi keberhasilan raih piala Adipura, kalteng, kapuas

DPRD Kapuas apresiasi keberhasilan meraih piala Adipura

Ketua DPRD Kabupaten Kapuas, Ardiansah. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah, mengapresiasi pemerintah daerah setempat, yang telah berhasil meraih piala Adipura.

“Selamat kepada Pemkab Kapuas yang sudah mendapatkan Adipura untuk kedua kalinya,” kata Didi Hartoyo di Kuala Kapuas, Jumat.

Kabupaten Kapuas meraih Adipura 2023 untuk kategori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap penghargaan Adipura tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga bisa meraih penghargaan Adipura yang ketiga kali.

Selain itu, wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas III meliputi Kecamatan Timpah, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Mandau Talawang dan pasak Talawang ini, menginginkan Pemkab Kapuas mendapatkan berbagai penghargaan lain agar menerima "reward" atau hadiah dari pemerintah pusat.

Baca juga: DPMD Kapuas gelar rapat sinkronisasi penguatan P3MD

“Dengan reward itu tentunya akan mendapatkan tambahan bagi pendapat asli daerah (PAD) kita,” terangnya.

Namun, ia meminta Pemkab Kapuas tidak memberatkan PAD kepada masyarakat melalui berbagai retribusi atau pajak.

Ditambahkannya, pemerintah daerah setempat juga dapat menggali potensi untuk PAD dan mencari dana bantuan dari pemerintah pusat atau pun provinsi.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi mengucapkan rasa syukur dan apresiasinya kepada semua pihak termasuk masyarakat yang telah bekerja keras dan berperan serta dengan kebersamaan untuk melihat bagaimana kota ini menjadi bersih, bagaimana pengelolaan sampah dan lainnya yang terkait dengan Adipura yang bisa dicapai.

Menurutnya, ini juga merupakan sebuah keberhasilan dari masyarakat Kabupaten Kapuas, saya harapkan ini harus kita pertahankan kedepannya dan bergerak untuk terus mempertahankannya.

"Ini pun harus tetap menjadi program kita ke depan, sehingga nantinya untuk persyaratan mendapatkan adipura ini bisa kita tingkatkan. Sekali lagi, ini merupakan kerja kita bersama mulai dari masyarakat bersama dengan Pemkab Kapuas, sehingga nanti kita bisa mencapai Kapuas yang bersih, indah, maju, dan sejahtera,” demikian Erlin Hardi.

Baca juga: Kapuas sukses meraih piala Adipura kategori kota kecil

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan

Baca juga: Pemkab Kapuas terima penghargaan bebas frambusia dari Kemenkes