BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan

id BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan, Kalteng, kapuas, bpjs Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan

Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, menyerahkan secara simbolis santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris pekerja rentan, Rabu (6/3/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kapuas bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyerahkan secara simbolis santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris pekerja rentan yang mengalami kecelakaan kerja.

Penyerahan santunan ini dilakukan di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas, yang diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, didampingi Kepala  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Andi Anjayani, serta kepala desa warga penerima.

"Kami turut berduka cita yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Selanjutnya santunan ini merupakan bentuk kepedulian bahwa pemerintah betul-betul hadir di tengah masyarakat," kata Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Rabu.

Melalui program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, setiap pekerja yang mendapatkan risiko dalam bekerja mendapatkan santunan melalui program yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kami harap santunan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh ahli waris," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas komitmen optimalkan percepatan penurunan stunting

Mantan kepala Dinas Sosial kabupaten setempat ini menyampaikan Dinas PMD juga telah mendorong pemerintah desa untuk mendaftarkan 100 pekerja rentan untuk setiap desa yang anggarannya dari APBDes dari pos Alokasi Dana Desa (ADD).

"Harapan kami dengan didaftarkannya 100 pekerja rentan di desa, bisa memutus mata rantai kemiskinan di desa," katanya.

Apabila tulang punggung keluarga meninggal dunia, ahli waris akan mendapatkan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu Kepala Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, Suriato mewakili warganya penerima JKM mengatakan, bahwa untuk desanya sendiri dalam program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2023.

“Hal ini sangat positif dan baik untuk menanam tumbuh kembangkan bagaimana masyarakat desa itu peduli dan mempersiapkan di hari tua serta juga disaat kita tiba waktunya buat keluarga kita sudah waktunya meninggal dunia,” demikian Suriato.

Baca juga: Pemkab Kapuas terima penghargaan bebas frambusia dari Kemenkes

Baca juga: DPMD Kapuas gelar lomba inovasi Tekhnologi Tepat Guna tingkat kabupaten

Baca juga: Berikut perkembangan desa di Kabupaten Kapuas