DPMD Kapuas gelar rapat sinkronisasi penguatan P3MD

id DPMD Kapuas gelar rapat koordinasisinkronisasi P3MD, kalteng, kapuas

DPMD Kapuas gelar rapat sinkronisasi penguatan P3MD

DPMD Kabupaten Kapuas, menggelar rapat koordinasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD), di Aula Kantor DPMD setempat, Kamis (7/3/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar rapat koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Aula Kantor DPMD setempat, Kamis.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk mensinkronkan pelaksanaan kegiatan tahun 2024, terutama bersumber dari Dana Desa (DD),” kata Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, usai memimpin rapat tersebut.

Rapat koordinasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa ini dengan peserta melibatkan para pendamping desa, kecamatan dan kabupaten.

Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi antara pemerintah dengan pemerintah kecamatan dan desa. Sehingga apa yang akan dilaksanakan bisa tercapai sesuai dengan program yang diinginkan.

“Termasuk menginventarisasi masalah-masalah yang ada, seperti contoh masalah SPJ belum lengkap, ada yang lain-lain fisik yang belum, nah itu juga bagian dari evaluasi kita terhadap pelaksanaan kegiatan dana desa tahun 2023. Intinya mensinkronkan program pemerintah dengan pemerintah kecamatan dan desa,” jelasnya.

Baca juga: Penemuan sesosok mayat tertimbun tanah di Kapuas diduga korban pembunuhan

Tenaga Pendamping Profesional Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten, Dedy Liswan, menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan yang merupakan program P3MD dari Kementerian Desa.

“Kegiatan ini berkaitan dengan rapat koordinasi salah satu agendanya adalah kita ingin melakukan pemutakhiran data pelaporan tentang pelaksanaan kegiatan dana desa di tahun 2023, dan juga berkaitan dengan menjadi kendala dan permasalahan serta percepatan pencairan dana desa tahun 2024,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, pihaknya ingin melihat dan mendengar dari para pendamping desa, kecamatan dan kabupaten terkait masalah atau kendala dalam pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa.

“Untuk bulan Maret ini, kita kebetulan mengundang secara keseluruhan pendamping desa program P3MD sebanyak 94 orang untuk di Kabupaten Kapuas itu sendiri,” demikian Dedy Liswan.

Baca juga: Kapuas sukses meraih piala Adipura kategori kota kecil

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan

Baca juga: Berikut perkembangan desa di Kabupaten Kapuas