Kapuas sukses meraih piala Adipura kategori kota kecil

id Kapuas sukses meraih piala Adipura kategori kota kecil, kalteng, kapuas, adipura, lingkungan

Kapuas sukses meraih piala Adipura kategori kota kecil

Sekda Kapuas Septedy, menerima piala Adipura katagori kota kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup, di Jakarta, Selasa (5/3/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kembali meraih piala Adipura untuk Kota Kuala Kapuas, dengan kategori kota kecil yang diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Septedy di Jakarta.

“Kembalinya piala Adipura di Kuala Kapuas tidak lepas dari kerja keras pemerintah daerah melalui instansi terkait dan peran serta masyarakat yang dimulai dengan membenahi perilaku masyarakat setempat menuju lebih peduli kebersihan lingkungan,” kata Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, di Kuala Kapuas, Rabu.

Dengan kembali meraih penghargaan tersebut, orang nomor satu di kabupaten setempat, mengucapkan rasa syukur dan apresiasinya kepada semua pihak termasuk masyarakat yang telah bekerja keras dan berperan serta dengan kebersamaan untuk melihat bagaimana kota ini menjadi bersih, bagaimana pengelolaan sampah dan lainnya yang terkait dengan Adipura yang bisa dicapai.

“Ini juga merupakan sebuah keberhasilan dari masyarakat Kabupaten Kapuas, saya harapkan ini harus kita pertahankan kedepannya dan bergerak untuk terus mempertahankannya. Ini pun harus tetap menjadi program kita ke depan, sehingga nantinya untuk persyaratan mendapatkan adipura ini bisa kita tingkatkan. Sekali lagi, ini merupakan kerja kita bersama mulai dari masyarakat bersama dengan Pemkab Kapuas, sehingga nanti kita bisa mencapai Kapuas yang bersih, indah, maju, dan sejahtera,” katanya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan salurkan santuan JKM kepada ahli waris pekerja rentan

Pemerintah daerah mengambil langkah yang dilakukan dengan memberi kesadaran kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar sebagai bagian dari hidup berkualitas.

Kesadaran adalah proses yang diawali dengan adanya rasa memiliki lingkungan sekitar akan memicu rasa tanggung jawab. Kesadaran ini akan terwujud dalam bentuk tindakan. Semakin awal diberikan pemahaman diharapkan akan semakin dalam tertanam nilai-nilai kebaikan pentingnya menjaga kebersihan.

Adipura sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura sebagai salah satu lambang kesuksesan yang menjadi dambaan setiap daerah.

Program adipura adalah salah satu program yang dirancang oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu pemerintah daerah baik kota, kabupaten, maupun provinsi untuk meningkatkan kemampuan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan.

Adipura dilaksanakan setiap tahun sejak 1986. Namun, sempat terhenti di awal era reformasi yaitu 1998. Program adipura kembali dicanangkan 5 Juni 2002 sampai dengan sekarang.

Baca juga: Pemkab Kapuas komitmen optimalkan percepatan penurunan stunting

Baca juga: Pemkab Kapuas terima penghargaan bebas frambusia dari Kemenkes

Baca juga: DPMD Kapuas gelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna tingkat kabupaten