Robert Downey Jr raih Piala Oscar pertamanya pada Academy Awards

id Robert Downey Jr,Piala oscar,Academy Awards

Robert Downey Jr raih Piala Oscar pertamanya pada Academy Awards

Robert Downey Jr memenangi Piala Oscar pertamanya dengan menjadi Aktor Pendukung Terbaik 2024 pada acara Academy Awards ke-96 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Minggu waktu setempat atau Senin ( 11/3/2024) pukul 07.30 WIB. (ANTARA/Youtube/ABC News)

Jakarta (ANTARA) - Robert Downey Jr memenangi Piala Oscar pertamanya dengan menjadi Aktor Pendukung Terbaik 2024 pada acara Academy Awards ke-96 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Minggu waktu setempat atau Senin pukul 07.30 WIB, yang dipantau dari channel Youtube ABC News. 
 
Downey Jr mengklaim satu dari tujuh Piala Oscar 2024 yang dimenangkan film fiksi sains Oppenheimer karena perannya sebagai karakter Ketua Komisi Energi Atom (AEC) AS, Lewis Strauss.
Mantan Aktor Pendukung Terbaik pada gelaran Oscar sebelumnya Sam Rockwell, Tim Robbins, Ke Huy Quan, Christoph Waltz dan Mahershala Ali mempersembahkan piala Oscar kategori Aktor Pendukung Terbaik 2024 untuk Robert Downey Jr.

Downey Jr kemudian mengambil piala tersebut lalu berterima kasih kepada penantiannya begitu panjang untuk mencapai Academy Awards "dalam urutan itu".

Baca juga: Daftar penerima Oscar 2024, "Oppenheimer" raih tujuh kemenangan

Padahal ketika berperan di film "Chaplin" (1992), Downey Jr muda masuk nominasi Oscar untuk pertama kalinya.

Tapi dia kalah dengan akting Al Pacino di film "Scent of a Woman" (1992). Jika saja menang saat itu, usianya baru 28 tahun.

Downey juga berterima kasih kepada istrinya atas segala cinta dan dukungan yang diberikan.
 
Menurut pemeran "Iron Man", dia memang membutuhkan "cinta dan dukungan" itu.

Dengan ditambah pengalaman bekerja dengan semua rekan-rekannya di dunia perfilman, sekarang dia merasa menjadi pria yang lebih baik dari saat mudanya dulu.

Baca juga: Billie Eilish suguhkan pertunjukan menyentuh hati di Oscar 2024

Oppenheimer sukses besar di Academy Awards ke-96. Mereka memenangi tujuh Piala Oscar dari 13 nominasi penghargaan.

Selain piala Aktor Pendukung Terbaik 2024 yang diraih Downey Jr, ada penghargaan Penyuntingan Film Terbaik 2024 yang diterima Jennifer Lame, lalu sinematografer Hoyte van Hoytema menerima penghargaan untuk Sinematografi Terbaik 2024, dan Aktor Cillian Murphy (berperan sebagai ilmuwan fisika Robert Oppenheimer) menerima penghargaan untuk Aktor Terbaik 2024.

Selanjutnya, Komposer Ludwig Göransson membawa pulang penghargaan untuk Musik Orisinal Terbaik 2024, Sutradara Christopher Nolan untuk Penyutradaraan Terbaik 2024, serta Produser Emma Thomas mewakili tim produksi dan suaminya Nolan untuk menerima penghargaan Film Terbaik Academy Awards 2024.

Oppenheimer belum berhasil membawa pulang Piala Oscar untuk kategori nominasi penghargaan Aktris pendukung Terbaik (Emily Blunt), Adaptasi Skenario Terbaik, Pengaturan Suara Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Tata Rias dan Tata Rambut Terbaik, serta Desain Busana Terbaik.