PMI Gunung Mas bantu puluhan masyarakat jalani operasi katarak

id pemkab gunung mas, pmi gumas, palang merah indonesia, operasi katarak gratis, kuala kurun, gunung mas, wabup efrensia lp umbing

PMI Gunung Mas bantu puluhan masyarakat jalani operasi katarak

Wakil Bupati yang juga selaku Ketua PMI Gunung Mas Efrensia LP Umbing menyampaikan sambutan, saat pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis di Palangka Raya, Jumat (15/3/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, membantu puluhan masyarakat kurang mampu dari daerah setempat untuk menjalani operasi katarak gratis di Palangka Raya, 14-17 Maret 2024.
 
Melalui operasi tersebut diharap masyarakat yang memiliki permasalahan dengan katarak dapat kembali pulih penglihatannya, kata Wakil Bupati yang juga selaku Ketua PMI Gunung Mas Efrensia LP Umbing saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.
 
“Harapannya penglihatan mereka dapat kembali pulih dan mereka dapat melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik lagi,” sambung perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas itu.
 
Ada 45 masyarakat yang mengikuti operasi katarak gratis ini. Mereka terjaring dari 11 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
Dalam pelaksanaannya, PMI Gunung Mas juga mendapat dukungan dari sejumlah donatur, antara lain Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun, dan lainnya.
 
Dia pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan operasi katarak gratis, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh para peserta tadi.

Baca juga: Tim gabungan evakuasi jasad warga tenggelam di Sungai Kahayan
 
Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Waltiana menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan akses pengobatan katarak, bagi masyarakat miskin dan rentan yang ada di Gunung Mas.
 
Dia menyebut, operasi katarak dilakukan di Klinik Mata Isen Mulang Palangka Raya, yang bersedia memberi diskon hingga 50 persen. Selama mengikuti kegiatan, para peserta menginap di salah satu hotel yang telah disiapkan.
 
“Anggaran pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis ini berasal dari hibah PMI Pemkab Gunung Mas. Kemudian dari GAPKI senilai Rp150 juta, dan dari Bank Kalteng senilai Rp50 juta,” demikian Waltiana.

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan warga waspadai korsleting listrik saat banjir

Baca juga: Ribuan jiwa terdampak banjir di Gunung Mas

Baca juga: Wabup Gunung Mas: Jangan biarkan anak-anak bermain di lokasi banjir