Pemkab Barito Timur dapat kouta 2.777 formasi CASN pada tahun 2024

id BKPSDM Barito Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Jhon Wahyudi, Barito Timur, bartim, kalteng

Pemkab Barito Timur dapat kouta 2.777 formasi CASN pada tahun 2024

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Barito Timur Jhon Wahyudi. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Jhon Wahyudi menyatakan bahwa pemerintah daerah setempat telah mendapatkan kouta sementara Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024, sebanyak 2.777 formasi, yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Saat ini kami di BKPSDM sedang menunggu pedoman dan tata cara seleksi dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)," kata Jhon Wahyudi di Tamiang Layang, Rabu.

Adapun formasi CASN pada tahun 2024 itu terdiri dari, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 528, yakni tenaga kesehatan 96 formasi dan tenaga teknis 431 formasi. Sedangkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 2.250 formasi, yang terdiri dari tenaga guru 196 orang, tenaga kesehatan 216 formasi dan tenaga teknis 1.838 formasi.

Formasi yang disampaikan tersebut, tambah John,  berdasarkan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ABK) kebutuhan ASN Pemerintah Kabupaten Barito Timur, dan perjanjian prinsip dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Namun demikian, kouta CASN Pemerintah Kabupaten Barito Timur bisa berubah lagi. Ini dikarenakan keluarnya peraturan baru dari KemenpanRB yang berkaitan dengan ada beberapa jabatan yang tidak boleh diisi PNS dan PPPK atau dihapus. Jabatan itu yakni jabatan penelaah teknis kebijakan dan jabatan pengelola data dan informasi.

"SDri usulan 2.777 formasi, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akan melakukan verifikasi dan validasi ulang. Hasilnya akan disampaikan ke Kementerian Keuangan untuk dilihat kemampuan keuangan daerah dan juga ketersediaan anggaran," kata John.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng dan Pemkab Kapuas harmonisasi peraturan daerah

Untuk itu, John menghimbau masyarakat  yang memiliki minat untuk menjadi abdi negara, bisa mempersiapkan secara fisik, mental dan berkas-berkas administrasi yang diperlukan. Karena kemungkinan penerimaan CASN dilaksanakan pada Mei 2024.

"Belum ada kepastian. Tapi biasanya pada bulan Mei. Tidak ada salahnya jika mempersiapkan diri sejak dini, dengan harapan semua formasi dapat terisi. Kami harap juga masyarakat sering melihat atau mengunjungi website resmi BKPSDM Barito Timur untuk melihat informasi rekrutmen CASN 2024," demikian John Wahyudi.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui BKPSDM setempat telah mengusulkan 3.074 formasi. Setelah dilakukan verifikasi, Pemkab Barito Timur mendapatkan kouta 2.777 formasi. Dari formasi tersebut, kemungkinan BKN akan kembali melakukan verifikasi dan validasi.

Baca juga: Pemkab Kapuas komitmen gunakan produk dalam negeri

Baca juga: Dinas MPTSP Kapuas gelar diskusi rumuskan kemudahan investasi

Baca juga: DPRD terima LKPJ Bupati Kapuas