Pemkab Kapuas komitmen gunakan produk dalam negeri

id OPD di Kapuas komitmen gunakan produk dalam negeri, kalteng, kapuas,Ekonomi

Pemkab Kapuas komitmen gunakan produk dalam negeri

Asisten II Setda Kapuas, Salman berfoto bersama OPD terkait pada kegiatan rapat terkait komitmen P3DN dalam pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kapuas, Selasa (26/3/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar pertemuan terkait komitmen Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam pengadaan barang dan jasa di daerah setempat.

“Hari ini semua perangkat daerah punya komitmen yang sama dalam menggunakan produk dalam negeri, kemudian kita juga mendorong UMKM kita agar mendaftarkan usahanya ke e-katalog lokal di Kabupaten Kapuas sehingga usaha-usaha mereka dapat digunakan melalui pengadaan e-katalog lokal,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Salman, saat membuka kegiatan di Kuala Kapuas, Selasa.

Salman menjelaskan, kepala perangkat daerah terus didorong untuk memantapkan persiapan dan komitmen dalam pengadaan barang dan jasa menggunakan produk dalam negeri atau komponen dalam negerinya lebih banyak.

Baca juga: Desa di pesisir Kapuas diajak kembangkan potensi hasil laut

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi  dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Kapuas, Apendi mengatakan, Disperindagkop selaku sekretaris komitmen P3DN sudah melakukan beberapa kegiatan untuk mendorong kegiatan P3DN ini agar berjalan secepatnya dan lancar.

”Pada hari ini kita sudah menentukan komitmen untuk fungsi dalam negeri penggunaan yang dilakukan oleh OPD sudah kita tetapkan 80 persen dari fungsi yang digunakan melalui e-katalog, untuk itu kita dorong semua pelaku usaha UMKM kita maupun pelaku-pelaku usaha lain agar tingkatkan fungsi dalam negeri ini supaya apa yang diinstruksikan dari pusat bisa kita realisasi dan kita capai,” demikian Apendi. 

Sementara kegiatan yang berlangsung di Aula Panatau Lewu Disperindagkop dan UKM kabupaten setempat, dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Salman, didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Apendi, dan turut hadir juga sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Baca juga: Dinas MPTSP Kapuas gelar diskusi rumuskan kemudahan investasi

Baca juga: DPRD terima LKPJ Bupati Kapuas

Baca juga: Lestarikan budaya, Pemkab Kapuas dukung ritual Adat Balian