Polda Kalteng berangkatkan 183 penumpang melalui program mudik gratis Lebaran

id Mudik Gratis,Palangka Raya,kalteng,Kapolda Kalteng Djoko Poerwanto

Polda Kalteng berangkatkan 183 penumpang melalui program mudik gratis Lebaran

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama sejumlah stakeholder lainnya melepas lima bus mudik gratis Lebaran di halaman Mapolda setempat Kota Palangka Raya, Senin (8/4/2024). ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 183 penumpang diberangkatkan Polda Kalteng melalui program mudik gratis Lebaran 1445 Hijriah yang dilaksanakan di halaman Mapolda setempat.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Djoko Poerwanto di Palangka Raya, Senin, mengatakan program mudik gratis tersebut dilaksanakan tentunya untuk meringankan beban masyarakat sehingga mereka bisa mudik ke kampung halaman.

"Ada lima bus yang kita sediakan dan total jumlah penumpang secara keseluruhan sebanyak 183 orang. Untuk rute tujuan dari Palangka Raya ke Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat," kata Djoko Poerwanto.

Dia menjelaskan, sebelum diberangkatkan para sopir bus dan kernet juga dilakukan pemeriksaan kesehatan. Dalam pemeriksaan kesehatan semua sopir dan kernet semuanya dalam kondisi sehat.

Tidak hanya itu, Polda Kalteng melalui Biddokkes Polda setempat juga memberikan obat-obatan untuk diperjalanan terhadap sopir dan kernet sehingga apabila mengalami gangguan kesehatan bisa di konsumsi di perjalanan.

"Alhamdulillah semuanya para sopir sehat dan siap melaksanakan perjalanan sesuai rute yang telah diberikan kepada mereka," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan mudik gratis, beri keamanan dan kenyamanan masyarakat

Ditambahkan jenderal berpangkat bintang dua itu, dalam pelaksanaan mudik gratis tahun ini tentunya akan dilakukan evaluasi untuk Lebaran selanjutnya.

Apabila hal tersebut baik dan berjalan dengan lancar, maka kegiatan serupa akan dilakukan penambahan rute. Hal ini juga menekan terjadinya angka kecelakaan setiap mudik Lebaran yang selama ini sudah menjadi tradisi.

"Tentunya kegiatan ini ada evaluasinya, karena pelaksanaannya juga melibatkan beberapa stakeholder di Kalteng," bebernya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya, Djoko Poerwanto juga menerangkan terkait rute dua jalur yang dilaksanakan mudik gratis tersebut saat ini dalam kondisi baik. Namun para sopir tetap diminta untuk berhati-hati agar mudik tahun ini berjalan lancar.

"Doa kami ruas jalur mudik bisa ditingkatkan oleh pemerintah setempat sehingga akses perekonomian juga berjalan lancar dan aman," demikian Djoko Poerwanto.

Baca juga: Pererat jalinan silaturahim, Gubernur Kalteng gelar sahur bersama masyarakat

Baca juga: Berikut penjelasan Disdik-Bank Kalteng tentang penyaluran beasiswa Tabe


Baca juga: Disnakertrans Kalteng siap terima pengaduan THR secara online