DPMD Kapuas dukung Apdesi tingkatkan peran dalam pembangunan

id DPMD Kapuas dukung Apdesi tingkatkan peran dalam pembangunan, kapuas, Desa

DPMD Kapuas dukung Apdesi tingkatkan peran dalam pembangunan

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, menerima kedatangan Ketua Apdesi dan sekretarisnya dalam rangka konsultasi koordinasi kegiatan Halalbihalal, Rabu (17/4/2024). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mendukung kegiatan halalbihalal yang dilaksanakan oleh DPC Asosiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) setempat, dalam rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Masih dalam suasana Idul Fitri inikan, teman-teman dari DPC Apdesi akan melaksanakan kegiatan halal bi halal, ramah tamah seluruh kepala desa dan ketua BPD Se-Kapuas. Pada prinsifnya kami DPMD Kapuas mengapresiasi inisiasi dari teman-teman Apdesi ini,” kata Kepala DMPD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Rabu.

Hal itu disampaikannya, saat menerima kedatangan Ketua DPC Apdesi Kapuas, Pancar S. Nyarang didampingi sekretarisnya bertandang ke DPMD setempat. Mereka datang berkonsultasi dan koordinasi terkait rencana kegiatan Halalbihalal tersebut.

Pihaknya juga mempunyai komitmen ke depan agar pemerintahan desa baik itu kepala desa, BPD ini aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah setempat.

“Kami juga melibatkan DPD Apdesi sebagai wadah pemerintahan desa se-Kabupaten Kapuas ini melibatkan berbagai kegiatan seperti event HUT Kapuas yang akan dilaksanakan pada Sabtu (20/4/2024) mendatang, untuk menampilkan berbagai kegiatan unggulan desa,” katanya.

Baca juga: DPMD pastikan keikutsertaan meriahkan HUT Kapuas

Pihaknya berharap, melalui kegiatan-kegiatan ini eksistensi pemerintah desa dan Apdesi jadi lebih kuat dan lebih baik, sehingga bisa berperan aktif dalam rangka mendukung pelaksanaan program-program pemerintah khususnya yang dilaksanakan melalui pemerintahan desa.

Sementara itu, Ketua Apdesi kabupaten setempat, Pancar S. Nyarang menjelaskan, kegiatan halal Bi halal yang diadakan oleh pihaknya ini tujuannya untuk mempererat jalinan silahturahmi.

“Apdesi inikan harus bermitra dengan pemerintah daerah, maka dari itu kita melaksanakan Halal Bi Halal dengan pemerintah daerah dengan seluruh kepala desa se-Kabupaten Kapuas,” kata Pancar S. Nyarang.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, akan dilaksanakan pada Senin (22/4/2024) di aula rumah jabatan Bupati Kapuas, Jalan Sudirman Kuala Kapuas, yang akan mengundang seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan 214 kepala desa se-kabupaten setempat.

Baca juga: Pemkab Kapuas beri bantuan kendaraan operasional ke aparat hukum

Baca juga: PKB dan PDIP jaga komitmen berkoalisi secara menyeluruh di Pilkada 2024 se-Kalteng

Baca juga: Raih 26 ribu suara, Wiyatno maju sebagai calon Bupati Kapuas di Pilkada 2024