DPMD pastikan keikutsertaan meriahkan HUT Kapuas

id DPMDpastikan keikutsertaan meriahkan HUT Kapuas, kalteng, kapuas, hut kapuas

DPMD pastikan keikutsertaan meriahkan HUT Kapuas

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan. ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, turut serta mengikuti sejumlah kegiatan dalam memeriahkan Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-73 Pemkab Kapuas tahun 2024.

“Salah satunya kegiatan expo, pawai budaya, perahu hias dan lain sebagainya kami juga ikut memeriahkan,” kata Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Rabu.

Menurutnya, kegiatan yang akan diikuti pihaknya tersebut sangat baik, karena terutama untuk mempromosikan desa-desa yang ada di kabupaten setempat.

“Di expo nanti DPMD akan bekerja sama dengan Apdesi (Asosiasi Pemerintahan Desa) akan mengekspos produk unggulan desa, termasuk juga dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang memang berkembang yang sudah memiliki jaringan luas,” katanya.

Produk unggulan desa ini sangat penting, karena ternyata di desa itu banyak membuat produk-produk unggulan yang memang saat ini masih belum terpromosikan dengan baik.

“Harapan kami melalui expo inilah nanti produk-produk unggulan desa itu bisa kita promosikan, bisa kita sampaikan ke masyarakat, dan semoga bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat di desa maupun juga bagi pemerintah desa kedepannya,” tuturnya.

Kemudian, lanjutnya, pihaknya juga mengikuti gelar pawai budaya bekerjasama dengan Apdesi kabupaten setempat, beserta dengan pendamping desa dan jajarannya.

Baca juga: Pemkab Kapuas beri bantuan kendaraan operasional ke aparat hukum

Sementara itu, Pemkab Kapuas melalui panitia terus mematangkan persiapan memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota dan HUT Pemkab tahun 2024 ini. Panitia melaksanakan rapat yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi, bertempat di ruang rapat rumah jabatan Bupati Kapuas.

Rangkaian kegiatan rencananya akan dibuat meriah dengan kolaborasi-kolaborasi dari berbagai pihak antara lain pemkab, BUMN/BUMD dan swasta. Melalui sinergisitas ini diharapkan Kapuas akan terus bertumbuh dan berkembang menjadi kabupaten yang kuat, kuat masyarakatnya, kuat kotanya maka sejahtera masyarakatnya.

“Maksud dan tujuan kita hari ini adalah membangun kebersamaan antara pemerintah dan pihak Swasta dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas, tadi sudah disampaikan beberapa hal yang dibutuhkan oleh panitia untuk kegiatan ini. Pihak Swasta bersedia untuk membantu, tentunya ini akan kita laksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Erlin Hardi.

Erlin berharap peringatan Hari Jadi dan HUT ditahun ini bisa lebih meriah dan lebih banyak pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga benar-benar manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat kabupaten setempat.

Sementara itu, rencananya akan dilaksanakan beberapa kegiatan di antaranya upacara peringatan, expo, festival tentang adat dan kebudayaan dari Kabupaten Kapuas, turnamen olahraga, karnaval, Pestaforia yang dimeriahkan oleh artis ibu kota yaitu Last Child dan Wika Salim.

Selain itu, ada pencetakan Rekor Muri yang rencananya dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Selanjutnya ada kegiatan keagamaan yaitu Kapuas Bersholawat. 

Baca juga: PKB dan PDIP jaga komitmen berkoalisi secara menyeluruh di Pilkada 2024 se-Kalteng

Baca juga: Raih 26 ribu suara, Wiyatno maju sebagai calon Bupati Kapuas di Pilkada 2024

Baca juga: Longsor di Genting Lanjak Kapuas Hulu hambat akses ke batas RI-Malaysia