Bupati apresiasi keikutsertaan tiga ASN Katingan pada MTQ Korpri Nasional

id Mtq korpri, tiga asn katingan mtq korpri, pemkab katingan, bupati sakariyas, kasongan, katingan

Bupati apresiasi keikutsertaan tiga ASN Katingan pada MTQ Korpri Nasional

Bupati Katingan Sakariyas (empat dari kanan belakang) melepas keberangkatan rombongan MTQ Korpri VI Tingkat Nasional 2022 Kabupaten Katingan, Kamis, (3/11/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kasongan (ANTARA) -
Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap prestasi yang dicapai tiga orang aparatur sipil negara (ASN) setempat, mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri VI Tingkat Nasional 2022 di Kota Padang Sumatera Barat.
 
"Bagi saya ini merupakan kebanggaan yang luar biasa, Katingan mampu mengirimkan tiga orang ASN terbaik mewakili Kalimantan Tengah mengikuti MTQ Korpri VI Tingkat Nasional Tahun 2022," kata Sakariyas di Kasongan, Kamis.
 
Hal tersebut disampaikannya saat melepas keberangkatan rombongan MTQ Korpri VI Tingkat Nasional 2022 Kabupaten Katingan di Kota Padang Sumatera Barat mulai 6-13 November 2022. Pelepasan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Katingan di Kasongan.
 
Menurutnya kegiatan tersebut sangat penting dan berguna bagi anggota Korpri dalam menanamkan dan membina kecintaan terhadap Al-quran, meningkatkan dan mengembangkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-quran yang berdasarkan kaidah keislaman dan berwawasan global multi kultural.
 
Selain itu dapat menanamkan sikap dan nilai jujur, toleransi, amanah dan tanggung jawab dan menjadi wahana profesi bagi anggota Korpri, dalam mengembangkan bakat dan minat pada bidang tilawatil Quran dan nilai-nilai budaya Islam lainnya.
 
"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ikatan tali persaudaraan dan silaturahmi antar anggota Korpri se-Indonesia," ucap orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Baca juga: Bupati Katingan apresiasi Mensos bantu korban banjir
 
Di tempat yang sama Ketua Rombongan Katingan pada MTQ Korpri VI Tingkat Nasional 2022, Murjadi menjelaskan pada seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang diadakan beberapa waktu lalu, peserta Katingan diwakili oleh 12 orang ASN.
 
Perwakilan Katingan mengikuti beberapa cabang seperti tilawah putra-putri, tartil Quran putra-putri, pidato putra-putri, pembacaan doa putra-putri dan khutbah Jumat putra-putri.
 
Hasilnya Katingan mendapatkan terbaik satu tiga orang, Palangka Raya terbaik satu empat orang, Kotawaringin Barat terbaik satu empat orang dan Barito Utara terbaik satu empat orang.
 
Kemudian Barito Timur terbaik satu tiga orang, Kotawaringin Timur terbaik satu dua orang, Seruyan terbaik satu satu orang dan Kapuas terbaik satu satu orang.
 
Dia menjabarkan, dalam mengikuti seleksi tingkat provinsi, pihaknya hanya diberi waktu selama tiga hari untuk membuat rekaman video kegiatan peserta. Sempitnya waktu terjadi akibat keterlambatan informasi.
 
"Meski waktunya sempit, alhamdulillah kami meraih hasil yang baik. Semuanya berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Katingan dan pemangku kepentingan lainnya," kata Murjadi.
 
Adapun ketiga ASN Katingan yang mewakili Kalimantan Tengah pada MTQ Korpri VI Tingkat Nasional 2022 yakni Dwi Sri Wahyuni yang kesehariannya sebagai guru Bahasa Inggris di SMPN 6 Katingan Hilir, mengikuti cabang tartil Quran putri.
 
Kemudian Moh. Qusairi merupakan Penyuluh Agama Islam unit kerja KUA Katingan Hilir, mengikuti cabang pembacaan doa putra dan Moh. Kariansyah merupakan Kasi Bimas Islam di Kementerian Agama Katingan, mengikuti cabang kaligrafi putra.

Baca juga: Pemuda Katingan diharapkan mampu mengikuti perkembangan iptek

Baca juga: Sekolah Adiwiyata diharap ciptakan peserta didik peduli lingkungan

Baca juga: Kasi Pidum Kejari Katingan kecelakaan di Palangka Raya