Pemuda Katingan diharapkan mampu mengikuti perkembangan iptek

id Pemkab katingan, pemuda katingan, disbudporapar katingan, risnaduar, pembangunan, sumpah pemuda, kasongan, katingan

Pemuda Katingan diharapkan mampu mengikuti perkembangan iptek

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Katingan Risnaduar (kanan) dan foto bersama peserta peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa Tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Jumat (28/10/2022). (ANTARA/HO-Disbudporapar Katingan)

Kasongan (ANTARA) -
Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas melalui Staf Ahli Bidang Hukum Supardy mengharapkan pemuda-pemudi kabupaten setempat mampu mengikuti kemajuan serta perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
 
"Bupati sangat menekankan agar pemuda-pemudi Katingan sebagai penerus estafet pembangunan, harus benar-benar mempersiapkan diri di tengah kemajuan iptek guna mendukung pembangunan manusia Indonesia," kata Supardy di Kasongan, Senin.
 
Menurutnya Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun ini mesti dijadikan momentum oleh seluruh pemuda-pemudi Indonesia khususnya Katingan untuk menjadi pemuda-pemudi yang tangguh, inovatif, kreatif dan mandiri.
 
"Keuntungan bonus demografi menjadi perhatian pemerintah daerah ke depannya, terutama mendorong pertumbuhan ekonomi untuk melakukan berbagai percepatan pembangunan dengan dukungan sumber daya manusia (SDM) berusia produktif yang melimpah," ucapnya.

Baca juga: Sekolah Adiwiyata diharap ciptakan peserta didik peduli lingkungan
 
Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Katingan Risnaduar menjelaskan, sebanyak 67 orang pemuda-pemudi Katingan mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa Tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.
 
Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah dan di Aula Jayang Tingang Kota Palangka Raya diikuti perwakilan pemuda-pemudi terbaik Katingan yang berasal dari KNPI, Pramuka, PPI, atlet Asean Games, atlet PON, juara Karungut Festival Isen Mulang dan lainnya.
 
Dia berharap ke-67 pemuda-pemudi Katingan yang mengikuti kegiatan tersebut bisa menjadi agen perubahan (agent of chance) yang menginspirasi pemuda-pemudi lain di Katingan, untuk berkarya mengisi pembangunan dengan melakukan hal-hal yang positif.
 
Di sisi lain, mewakili pemerintah daerah dia memohon maaf tidak bisa mengakomodir seluruh komponen kepemudaan yang ada di Katingan untuk mengikuti kedua kegiatan tersebut.
 
"Kami menyadari sepenuhnya masih banyak komponen kepemudaan yg belum terakomodir, namun kami sudah memiliki basis data dari berbagai juara pada agenda yang sudah dilaksanakan, sehingga tidak menutup kemungkinan pemuda-pemudi yang belum mendapat kesempatan ke depannya akan menjadi catatan," demikian Risnaduar.

Baca juga: Kasi Pidum Kejari Katingan kecelakaan di Palangka Raya

Baca juga: KPU tetapkan pemilih baru di Katingan bertambah 10.542 orang

Baca juga: Pergantian direktur PDAM Katingan diharapkan tingkatkan pelayanan dan PAD