Bupati Katingan apresiasi Mensos bantu korban banjir

id Bupati Katingan apresiasi Mensos bantu korban banjir, kalteng, katingan, banjir

Bupati Katingan apresiasi Mensos bantu korban banjir

Dokumentasi. Seorang anak tengah melintasi lokasi banjir di Palangka Raya beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Humas Kemensos

Palangka Raya (ANTARA) - Kebijakan Menteri Sosial, Tri Rismaharini yang membantu masyarakat dan daerah terdampak banjir mendapat apresiasi dari kepala daerah salah satunya Bupati Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah Sakariyas.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Mensos yang sudah datang ke Katingan untuk melihat masyarakat terdampak musibah banjir ini," kata Sakariyas melalui pernyataan tertulis yang diterima di Palangka Raya, Selasa.

Tidak hanya pemberian bantuan yang mendapat apresiasi, tetapi juga karena Mensos datang dengan memberikan solusi pemerintah daerah untuk mengatasi dampak banjir.

Mensos juga dinilai memberikan perhatian kepada masyarakat terdampak bencana di Kalteng. Pada beberapa kali kesempatan Mensos hadir langsung dan tidak segan menerobos banjir.

Mensos yang hadir di Katingan untuk menyapa dan menyerahkan berbagai bantuan untuk korban banjir di daerah itu tahun lalu. Bantuan yang diserahkan Mensos berupa makanan siap saji 156 paket, makanan anak 102 paket, selimut 100 lembar, Kid ware 50 paket.

Baca juga: Pemuda Katingan diharapkan mampu mengikuti perkembangan iptek

Kemudian family kit 50 paket, foodware 50 paket, perlengkapan Dapur 50 paket, matras 100 lembar, tenda gulung 50 lembar, paket sembako 100 paket dan sandang 25 paket.

Tercatat, total bantuan Kemensos untuk masyarakat terdampak banjir di Kalteng sepanjang tahun 2022 sejak bulan Januari-Oktober 2022 sebesar total Rp6,7 miliar.

Bencana yang mendapatkan bantuan Kemensos adalah banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur pada 19 Oktober 2022, banjir di Kabupaten Lamandau pada 19 Oktober 2022, banjir di Kabupaten Katingan pada 5 Agustus 2022, banjir di Kabupaten Kapuas dan lainnya.

Anggota DPD RI Anak Agung Gde Agung yang pernah mendampingi Mensos memantau bencana juga mengapresiasi kinerja mantan Wali Kota Surabaya itu.

“Bu Mensos tidak canggung melintasi danau dengan perahu. Dia bertemu langsung dan mendengarkan dengan sabar aspirasi warga. Saya sebagai perwakilan masyarakat saya sangat mengapresiasi langkah cepat Mensos yang datang langsung ke lokasi bencana, menemui warga dan menyalurkan bantuan,” kata anggota Komite lll DPD RI tersebut.

Baca juga: Sekolah Adiwiyata diharap ciptakan peserta didik peduli lingkungan

Baca juga: Kasi Pidum Kejari Katingan kecelakaan di Palangka Raya

Baca juga: KPU tetapkan pemilih baru di Katingan bertambah 10.542 orang