PKB dan PDIP jaga komitmen berkoalisi secara menyeluruh di Pilkada 2024 se-Kalteng

id Partai Kebangkitan Bangsa, PKB Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya, PKB kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, ketua pkb kalteng, pilkada kapuas

PKB dan PDIP jaga komitmen berkoalisi secara menyeluruh di Pilkada 2024 se-Kalteng

Ketua DPW PKB Kalteng Habib Ismail Bin Yahya salam komando dengan Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto didampingi Bendahara DPD PDIP Kalteng Wiyatno dan Ketua DPC PDIP Kapuas Yohanes di Palangka Raya, Selasa (16/4/2024). ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya mengaku, pihaknya telah menjalin komunikasi dan berkomitmen untuk berkoalisi dengan Pengurus DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalteng, dalam pemilihan kepala daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah setempat.

Komitmen berkoalisi secara menyeluruh itu tentunya akan dijaga secara bersama-sama, kata Ismail usai menerima berkas pendaftaran Wiyatno sebagai bakal calon Bupati Kapuas dalam Pilkada 2024 di kantor DPW PKB Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"Ada beberapa daerah yang sudah sepakat untuk berkoalisi di pilkada 2024. Untuk beberapa daerah yang masih belum ada kesepakatan, akan kami bicarakan lagi," ungkapnya.

Mantan Wakil Gubernur Kalteng itu menyatakan bahwa PDIP sebagai partai politik terbesar di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini, sangat tepat bila berkoalisi dengan PKB selaku partai menengah. Koalisi ini juga menjadi gabungan partai nasionalis dan agamis, sehingga peluang untuk memenangkan pilkada di sejumlah daerah di Kalteng menjadi lebih besar.

Ismail mengatakan bahwa dalam pilkada 2024 ini, PKB menargetkan 70 persen pasangan calon yang diusung dan didukung dari kabupaten/kota se-Kalteng, dapat menjadi pemenang. Apalagi sejumlah kader internal maupun kader parpol lain, serta tokoh masyarakat di provinsi ini, banyak yang berniat diusung dan didukung oleh PKB dalam pilkada 2024.

"Kalau calon kepala daerah di tingkat kabupaten/kota yang ingin mendaftar ke PKB, sudah banyak. Tetapi baru melalui telepon dan hanya Wiyatno yang langsung datang. Kami di PKB se-Kalteng juga baru hari ini membuka pendaftaran para calon kepala daerah yang maju di pilkada 2024," beber dia.

Baca juga: Raih 26 ribu suara, Wiyatno maju sebagai calon Bupati Kapuas di Pilkada 2024

Sementara untuk calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Kalteng, lanjut dia, telah ada tiga nama yang mengirim profil diri melalui pesan singkat. Hanya, ketiga nama tersebut belum dapat disampaikan ke publik. Sebab, ketiga nama tersebut belum mendaftar secara resmi kepada PKB dan baru sebatas komunikasi melalui telepon.

"Nanti kalau mereka mendaftar ke DPW PKB Kalteng, akan kami undang teman-teman wartawan," demikian Ismail.

Pendaftaran Wiyatno sebagai bakal calon Bupati Kapuas ke DPW PKB Kalteng didampingi langsung oleh Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto, dan Ketua DPC PDIP Kapuas Yohanes. Sementara yang menerima berkas Wiyatno, Ketua DPW PKB Kalteng Habib Ismail Bin Yahyan didampingi Tommy Saputra, dan lainnya.

Baca juga: Ina Prayawati mendaftar jadi bacalon Bupati Barsel di Pilkada 2024

Baca juga: Agi serahkan berkas Bakal Calon Bupati Barito Utara ke PDIP dan Golkar

Baca juga: Tujuh kader berpotensi dicalonkan PDIP dalam Pilkada Kalteng 2024