Arus lalu lintas dialihkan saat perbaikan Jembatan Sei Rawi II

id pemkab gumas, jembatan sei rawi II, sei miwan, kuala kurun, gunung mas, dpupr gumas, baryen

Arus lalu lintas dialihkan saat perbaikan Jembatan Sei Rawi II

Foto Arsip - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi Kepala DPU Baryen dan lainnya, saat meninjau Jembatan Sei Rawi II, Kamis (23/9/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Baryen mengatakan perbaikan Jembatan Sei Rawi II di Kecamatan Kurun segera dimulai.
 
“Nantinya selama perbaikan, arus lalu lintas akan dialihkan. Masyarakat dalam hal ini pengendara kendaraan bermotor akan diarahkan menggunakan Jembatan Sei Rawi I,” ucap Baryen di Kuala Kurun, Kamis.
 
Jembatan Sei Rawi II berada di jalan kabupaten tepatnya ruas jalan Kelurahan Kuala Kurun Kecamatan Kurun-Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang. Jembatan ini membentang di Sungai Rawi.
 
Berjarak beberapa meter dari Jembatan Sei Rawi II, ada juga jembatan Sei Rawi I. Jembatan Sei Rawi I juga membentang di Sungai Rawi yang bisa menjadi jembatan alternatif.
 
Oleh sebab itu, jika pada saatnya perbaikan Jembatan Sei Rawi II dimulai, maka arus lalu lintas kendaraan bermotor sementara dialihkan melalui Jembatan Sei Rawi I.

Baca juga: Wabup minta pegawai Pemkab Gumas bekerja lebih semangat usai libur Lebaran
 
Dalam upaya perbaikan Jembatan Sei Rawi II, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyiapkan anggaran sekitar Rp3,1 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024.
 
Lebih lanjut, di ruas jalan Kuala Kurun-Sepang Simin juga terdapat Jembatan Sei Miwan, yang terletak di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun. Pemkab telah menyiapkan anggaran sekitar Rp4 miliar dari APBD 2024 untuk perbaikan jembatan tersebut.
 
“Saat perbaikan Jembatan Sei Miwan dimulai, nanti akan dibangun jembatan penghubung sementara yang terletak di samping jembatan yang ada saat ini, supaya tidak mengganggu arus lalu lintas,” papar Baryen.
 
Dia pun meminta kepada masyarakat untuk mendukung pengerjaan perbaikan Jembatan Sei Rawi II dan Jembatan Sei Miwan, serta memaklumi adanya peralihan lalu lintas selama perbaikan jembatan.
 
Sebelumnya, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengatakan rehabilitasi jembatan bertujuan untuk mendukung konektivitas antar kecamatan dan antar desa.
 
“Penanganan terhadap jembatan-jembatan kayu di sejumlah kecamatan tetap menjadi perhatian dan prioritas pemerintah kabupaten,” demikian Jaya.

Baca juga: Pemkab Gumas paparkan sejumlah capaian kinerja dalam LKPj 2023

Baca juga: Berikut capaian realisasi APBD Gunung Mas 2023

Baca juga: Pemkab Gumas anggarkan Rp3,1 miliar rehab Jembatan Sei Rawi II