Gunung Mas optimalkan program peningkatan SDM bidang keahlian

id pemkab gumas, sdm gumas, kuala kurun, gunung mas, wabup efrensia lp umbing

Gunung Mas optimalkan program peningkatan SDM bidang keahlian

Ilustrasi - Pelatihan Vokasi Juru Las. (ANTARA/HO-Humas PHR)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Efrensia LP Umbing menegaskan pemerintah kabupaten terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang keahlian.
 
“Pada tahun 2023, Pemkab Gunung Mas melalui Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM telah melakukan pelatihan dan pembinaan tenaga kerja,” katanya di Kuala Kurun, Selasa.
 
Pelatihan dan pembinaan yang telah dilakukan meliputi pelatihan menjahit dasar di Kuala Kurun Kecamatan Kurun, dengan peserta 15 orang, di Desa Batu Puter Kecamatan Rungan peserta 20 orang, dan di Desa Linau Kecamatan Rungan peserta 15 orang.

Baca juga: Pemkab Gumas perkuat monev ke sekolah tingkatkan disiplin guru
 
Kemudian pelatihan pangkas rambut di Kuala Kurun dengan peserta sebanyak 10 orang, pelatihan tata rias di Kuala Kurun peserta 10 orang, pelatihan pembuatan keripik rebung di Kuala Kurun peserta 10 orang. Ada juga pelatihan pembuatan makanan olahan ikan patin dan olahan kue singkong di Kuala Kurun peserta 30 orang.
 
Di sisi lain, Pemkab Gunung Mas juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk menyampaikan ide, gagasan dan keahlian di bidang masing-masing. Pada tahun 2024 ini dilaksanakan seleksi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAP) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.
 
Dari hasil seleksi PPAP tingkat kabupaten, telah terpilih delapan orang pemuda dan pemudi untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. Dengan demikian nantinya diharapkan pemuda dan pemudi Gunung Mas bisa bersaing di tingkat provinsi dan nasional.
 
Tak hanya itu, dalam waktu dekat juga dilaksanakan Jambore Pemuda se-Gunung Mas. Dari kegiatan itu diharap muncul pemuda yang bisa bersaing dan menunjukkan keahlian secara profesional di bidang masing-masing.
 
“Dalam kegiatan Jambore Pemuda se-Gunung Mas tersebut akan dijadwalkan untuk peserta menampilkan unjuk bakat atau seni yang mereka miliki,” beber Efrensia.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas tangani kerusakan bangunan sekolah secara bertahap

Baca juga: Pembenahan objek wisata Gumas upaya tingkatkan wisatawan

Baca juga: KPU Gunung Mas segera rekrut calon anggota PPK Pilkada 2024