Pemkab Gumas bina tenaga kerja konstruksi lokal hadapi persaingan

id Pemkab Gumas bina tenaga kerja konstruksi lokal hadapi persaingan, kalteng, gumas, Gunung mas, diklat

Pemkab Gumas bina tenaga kerja konstruksi lokal hadapi persaingan

Kepala DPU Kabupaten Gunung Mas Baryen mengalungkan tanda peserta kepada salah satu perwakilan peserta pelatihan dan sertifikasi di Kuala Kurun, Rabu (24/4/2024). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menggelar pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi pengawas pekerjaan struktur bangunan gedung madya jenjang 5.

Bupati Gumas Jaya S Monong melalui Kepala DPU Baryen saat membuka pelatihan di Kuala Kurun, Rabu, mengatakan bahwa Undang-undang Nomor 02 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi mengamanatkan setiap tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja.

“Pemkab diberi kewenangan untuk melaksanakan pembinaan, dengan memberikan pelatihan dan fasilitasi tenaga kerja konstruksi. Ini menjadi salah satu perlindungan terhadap tenaga kerja konstruksi lokal, di tengah persaingan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia khususnya Kabupaten Gunung Mas,” sambungnya.

Globalisasi kemajuan akan membawa implikasi bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang ada, termasuk SDM konstruksi. Sebab salah satu tuntutan SDM konstruksi masa kini adalah kemampuan untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi, yang dibuktikan dengan sebuah sertifikasi.

Baca juga: Yepta Diharja daftar bacalon Bupati Gunung Mas melalui Demokrat

Tentunya juga harus dibarengi dengan kualitas dan kemampuan yang mumpuni, terutama bagi tenaga terampil konstruksi pengawas pekerjaan struktur bangunan gedung madya.

Kegiatan sertifikasi sangat penting untuk mencetak tenaga kerja konstruksi berkualitas dan handal, agar pembangunan infrastruktur yang ada di Gunung Mas dapat berjalan lancar, sesuai dengan peraturan dan standarisasi yang berlaku.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta. 30 orang, Dia berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak.

Pada kesempatan ini dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin, yang mau bekerja sama memfasilitasi kegiatan uji kompetensi tenaga terampil konstruksi pengawas pekerjaan struktur bangunan gedung madya jenjang 5.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Pengadilan Agama Kuala Kurun, yang telah memberi izin lokasi sebagai tempat kunjungan lapangan dalam kegiatan ini,” demikian Baryen.

Baca juga: Program PTSL 2024 sasar belasan desa di Gunung Mas

Baca juga: Gunung Mas optimalkan program peningkatan SDM bidang keahlian


Baca juga: Pemkab Gumas perkuat monev ke sekolah tingkatkan disiplin guru