Disdikbud Mura berikan pelatihan PBD dan Sulingjar ke puluhan kepsek

id Dinas pendidikan dan Kebudayaan murung raya, mura, kalteng, Disdikbud murung raya, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah

Disdikbud Mura berikan pelatihan PBD dan Sulingjar ke puluhan kepsek

Kegiatan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang dilaksanakan oleh Disdikbud Murung RAya yang dilaksanakan di aula setda Gedung B di Puruk Cahu, Kamis (25/4/2024). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan pelatihan Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Survei Lingkungan Belajar bagi kepala sekolah serta operator paud dan PKBM kabupaten setempat.

Kegiatan dibuka langsung Pj Bupati Murung Raya Hermon yang diwakili Asisten Sekda bidang Administrasi Umum, Batara yang dilaksanakan di aula setda Gedung B di Puruk Cahu, Kamis (25/4).

Kadis Dikbud Mura Ferdinand Wijaya mengatakan bahwa dasar hukum pelaksanaan itu adalah undang undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,  peraturan pemerintah tahun 2021 tentang standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan,Kebudayaan,riset dan Teknologi nomor 17 Tahun 2021 tentang asesmen nasional.

"Untuk pelaksanaan kegiatan itu sendiri, menurut Ferdinand diadakan selama tiga hari, yakni pada tanggal 25 sampai 27 April 2024," beber dia.

Dalam pelatihan ini, lanjut dia, akan memberikan pembekalan kepada kepada sepala sekolah PAUD atau PKBM dengan visi, perencanaan untuk proses pembelajaran yang efektif pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini.

"Termasuk muatan pengembangan yang sesuai kurikulum dan asesmen yang meningkatkan kualitas pembelajaran," kata Ferdinand Wijaya.

Sementara itu, Asisten III Sekda Mura Batara menyampaikan, kegiatan perencanaan Berbasis data PAUD (PBD PAUD) dan survei lingkungan belajar (Sulingjar) ini penting sekali dilaksanakan dalam rangka meningkatkan lingkungan belajar yang berkualitas dan layanan yang berkualitas.

Baca juga: Pj Bupati minta KONI Mura lebih fokus kembangkan prestasi olahraga

Sulingjar dan PBD adalah salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang tujuannya untuk mengevaluasi dan memperbaiki praktik pendidikan di Indonesia. Program ini ditujukan kepada Kepala sekolah dan guru untuk mengetahui Kondisi lingkungan belajar di satuan Pendidikan di tempat mereka bertugas

"Sulingjar dan PBD Pada Satuan PAUD merupakan bagian dari Evaluasi Sistem Pendidikan yang bersifat internal dan dilakukan oleh satuan PAUD. Hasil Sulingja PAUD dapat digunakan oleh satuan PAUD sebagai Bahan evaluasi diri untuk Melakukan Perencanaan berbasis Data PAUD (PBD)," demikian Batara.

Baca juga: Pemkab Murung Raya targetkan penurunan stunting 14 persen

Baca juga: DPMD Murung Raya sosialisasikan teknis penetapan batas desa

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Murung Raya serap aspirasi para seniman