Pj Bupati minta KONI Mura lebih fokus kembangkan prestasi olahraga

id Penjabat Bupati Murung Raya, Pj Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon, Murung Raya, mura, kalteng

Pj Bupati minta KONI Mura lebih fokus kembangkan prestasi olahraga

Penjabat Bupati Murung Raya, Hermon saat menyampaikan arahan saat kegiatan di aula Setda Gedung A di Puruk Cahu, Rabu (24/4/2024). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya, Kalimantan Tengah, Hermon mengingatkan sekaligus meminta kepada seluruh pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat, agar bisa membuat sebuah inovasi dalam upaya pengembangan olahraga prestasi di wilayah ini.

Daerah yang sudah maju olahraga bukanlah menjadi suatu beban atau tanggung jawab pemerintah semata, kata Hermon saat bertemu dengan pengurus KONI Murung Raya di Puruk Cahu, Rabu.

"Memajukan olahraga juga tanggung jawab semua pihak, termasuk investor atau pengusaha pun harus turut menjadikan olahraga sebagai ujung tombak pemasaran dan sponsor," tambahnya.

Menurut dirinya, ada banyak perusahaan besar swasta (PBS) di sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan yang beroperasi di Murung Raya. Untuk itu, pengurus KONI yang baru, bisa membuat sebuah inovasi ataupun upaya dalam pengembangan prestasi olahraga dengan melibatkan para PBS tersebut.

Selain itu, ulas dia, cabang-cabang olahraga atau cabor yang ada di Murung Raya, mulai mengevaluasi hal-hal yang harus menjadi agenda pembinaan termasuk olahraga yang menjadi cabang andalan prestasi. Hingga, nanti ketika event baik skala lokal, regional, maupun nasional atlet Murung Raya terjaga prestasinya.

"Kita harapkan nantinya, atlet kita tetap berada pada posisi yang terjaga baik prestasi ataupun pembinaan yang tetap kita lakukan," demikian Hermon.

Baca juga: Pemkab Murung Raya targetkan penurunan stunting 14 persen

Sementara itu Ketua KONI Murung Raya, Heriyus mengatakan untuk program kerja KONI untuk periode 2023-2027 selain melakukan evaluasi juga akan melaksanakan pembinaan terhadap cabang-cabang olahraga yang memiliki kepengurusan di Murung Raya, terutama yang menjadi langganan prestasi.

KONI Mura juga telah sudah memiliki program kerja, salah satunya tentu mencari dan melakukan pembinaan atlet sejak usia dini. Di mana beberapa cabang olahraga yang akan akan fokus melakukan pembinaan.

"Cabang olahraga yang meraih medali emas yakni catur, badminton, dayung serta yang lainnya. Ini yang akan kita optimalkan pembinaannya," demikian Heriyus yang juga anggota DPRD Murung Raya.

Baca juga: DPMD Murung Raya sosialisasikan teknis penetapan batas desa

Baca juga: DKP Murung Raya laksanakan Gerakan Pangan Murah di Tanah Siang

Baca juga: Pemkab Murung Raya apresiasi swasta tingkatkan kegiatan sosial