Pemkab Barito Utara terima Mobil Perpustakaan Keliling

id mobil perpustakaan keliling barito utara,penjabat bupati barito utara,muhlis,puncak hari perpustakaan,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara terima Mobil Perpustakaan Keliling

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara Fakhri Fauzi foto bersama pada acara "Pencanangan Gerakan Literasi Desa sebagai Puncak Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI ke-44 dan Hari Buku Nasional 2024" di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Jumat (17/5/2024).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Penjabat Bupati setempat Muhlis menerima Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional RI yang diserahkan langsung Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.
 
Penyerahan mobil perpustakaan secara simbolis itu pada acara "Pencanangan Gerakan Literasi Desa sebagai Puncak Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ke-44 dan Hari Buku Nasional 2024" di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Jumat.

Penjabat Barito Utara Muhlis mengatakan atas nama masyarakat dan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggnya kepada Perpustakaan Nasional RI atas masuknya Kabupaten Barito Utara ke dalam 20 Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia yang menerima Mobil Perpustakaan Keliling. 

Muhlis juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara atas upaya yang dilakukan dalam upaya untuk mendapatkan bantuan operasional Mobil Perpustakaan Keliling. 

"Kami berharap dengan bantuan mobil perpustakaan keliling ini menambah minat baca masyarakat Kabupaten Barito Utara, khususnya anak- anak generasi penerus di daerah ini," katanya. 

Sebagai wujud nyata kinerja, katanya, pemerintah daerah ke depan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara akan memanfaatkan mobil yang diterima secara optimal demi meningkatkan minat baca masyarakat di kabupaten ini.
 
Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional RI  E. Aminudin menyampaikan bahwa salah satu visi perpustakaan nasional adalah meningkatkan minat baca dan tingkat literasi nasional. 

"Hal ini dikarenakan masih kurangnya buku- buku yang sesuai dengan minat baca masyarakat," kata dia.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa sebagai media utama peningkatan literasi, buku menjadi prasyarat lahirnya intelektualitas.

"Buku mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kita dalam memecahkan masalah," kata Wapres.

Sesuai dengan judul acara tersebut, Wapres pun teringat satu ungkapan, yaitu "buku merupakan jendela dunia".

"Melalui buku, kita dapat memperluas pengetahuan, memperdalam pemahaman, dan mengembangkan wawasan," kata Wapres.