Legislator berharap Perpusda Gumas miliki koleksi buku beragam

id Legislator berharap Perpusda Gumas miliki koleksi buku yang beragam, kalteng, gumas, Gunung mas

Legislator berharap Perpusda Gumas miliki koleksi buku beragam

Legislator Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari. ANTARA/PWI Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Iceu Purnamasari menyambut baik keberadaan gedung baru Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) yang terletak di Jalan Yos Sudarso Kuala Kurun.

Keberadaan gedung baru hendaknya juga diimbangi dengan semakin beragamnya koleksi buku yang tersedia di Perusda Gumas, kata Iceu saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Rabu.

“Saya harap koleksi buku di Perpusda Gumas lebih beragam, di mana tersedia buku-buku dari berbagai penulis baik itu internasional, nasional, maupun daerah,” sambung politisi Partai Golkar itu.

Dia menilai keberagaman koleksi buku yang tersedia di Perpusda Gumas akan menjadi daya tarik tersendiri, yang dapat memunculkan dan meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke sana.

Keberagaman koleksi buku akan membuat wawasan masyarakat terhadap daerah luar semakin luas melalui buku penulis internasional dan nasional, tanpa melupakan nilai dan kearifan lokal yang bisa didapat dari koleksi buku penulis daerah.

Lebih lanjut, wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk memanfaatkan secara maksimal keberadaan Perpusda.

Baca juga: Legislator Gumas minta masyarakat bijak menggunakan medsos jelang Pilkada 2024

“Sebagai calon pemimpin, generasi muda harus memiliki wawasan yang luas. Salah satu cara supaya kita memiliki wawasan yang luas adalah dengan membaca buku,” kata perempuan kelahiran Kuala Kurun itu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gumas Maria Efianti mengatakan pembangunan gedung baru perpustakaan daerah dimulai sejak tahun 2023.

Saat itu DPK Gumas mendapat penganggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpusnas senilai Rp10 miliar lebih, untuk membangun gedung baru perpustakaan daerah, yang memiliki tiga lantai.

Adapun rinciannya Rp10 miliar untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan, Rp499 juta lebih untuk pengadaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) layanan perpustakaan umum, Rp499 juta lebih untuk pengadaan perabot layanan perpustakaan umum, serta Rp199 juta lebih untuk pengadaan koleksi bahan pustaka.

Pada tahun 2023, DPK Gumas mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk pembuatan jalan lingkungan dan area parkir gedung perpustakaan senilai Rp1,6 miliar lebih.

“Gedung perpustakaan daerah yang lama menjadi satu dengan kantor DPK Gumas. Saat ini semua layanan perpustakaan akan dipindah ke gedung baru, sehingga kantor DPK Gumas dikhususkan menjadi kantor pegawai serta depo arsip,” demikian Maria.

Baca juga: Legislator: Anggaran terbatas, peningkatan jalan Marikoi-Mahuroi harus efektif efisien

Baca juga: Ketua DPRD Gumas minta panwaslu kecamatan jaga netralitas

Baca juga: DPRD Gumas berharap bantuan olahraga pacu semangat atlet