Legislator: Anggaran terbatas, peningkatan jalan Marikoi-Mahuroi harus efektif efisien

id Anggaran terbatas, peningkatan jalan Marikoi-Mahuroi harus efektif efisien, kalteng, gumas, dprd gumas, Gunung mas

Legislator: Anggaran terbatas, peningkatan jalan Marikoi-Mahuroi harus efektif efisien

Legislator Kabupaten Gumas Polie L Mihing. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Polie L Mihing menyambut baik rencana peningkatan ruas jalan Kelurahan Tumbang Marikoi-Desa Tumbang Mahuroi Kecamatan Damang Batu pada tahun 2024 ini.

Namun mengingat anggaran yang terbilang terbatas, maka peningkatan ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi harus dilakukan secara efektif dan efisien, kata Polie di Kuala Kurun, Selasa.

“Pemerintah daerah menyiapkan anggaran sekitar Rp3 miliar dari APBD kabupaten 2024. Jumlahnya terbilang kecil untuk peningkatan ruas jalan, jadi harus benar-benar dikelola secara efektif dan efisien,” sambung dia.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu itu membeberkan, ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi memiliki banyak bukit.

Jalan di kawasan itu juga belum beraspal, sehingga masyarakat dalam hal ini pengendara kendaraan bermotor cukup kesulitan saat melewati ruas jalan tersebut. Oleh sebab itu, anggaran Rp3 miliar harus dikelola secara efektif dan efisien, sehingga peningkatan ruas jalan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca juga: Polisi amankan seorang pencuri handphone dan uang di Gunung Mas

Ke depan, tutur politisi Partai Hanura ini, peningkatan ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi tetap harus dilakukan secara berkelanjutan, bahkan hingga jalan tersebut seluruhnya teraspal.

“Pembangunan harus dilakukan secara merata di seluruh wilayah Gumas. Harapan saya ke depan ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi juga bisa teraspal,” kata pria kelahiran Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara itu.

Sebelumnya, Bupati Gumas 2019-2024 Jaya S Monong menyatakan pemkab menganggarkan Rp3 miliar untuk melakukan peningkatan ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi.

“Peningkatan ruas jalan Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara menuju Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu telah dilakukan melalui proyek tahun jamak atau multiyears. Tahun ini akan dilanjutkan dengan peningkatan dari Tumbang Marikoi menuju Tumbang Mahuroi,” kata Jaya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu (11/5).

Jaya juga telah mengusulkan kepada Tim Anggaran Pemkab Gumas, untuk terus melakukan peningkatan ruas jalan Tumbang Marikoi-Tumbang Mahuroi, hingga ruas jalan tersebut mulus beraspal.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas minta panwaslu kecamatan jaga netralitas

Baca juga: DPRD Gumas berharap bantuan olahraga pacu semangat atlet

Baca juga: Legislator meyakini kehadiran PLN dukung pertumbuhan ekonomi Damang Batu