Borneo FC rebut peringkat ketiga usai tekuk Bali United

id borneo fc,rebut,peringkat ketiga,kalahkan,bali united,liga 1 indonesia

Borneo FC rebut peringkat ketiga usai tekuk Bali United

Pesepak bola Bali United Rahmat (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Borneo FC Samarinda Adam Alis (kiri) saat pertandingan leg pertama perebutan tempat ketiga Championship Series Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Sabtu (25/5/2024). Kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Borneo FC Samarinda mengunci peringkat ketiga BRI Liga 1 usai membekuk Bali United dengan skor 4-2 pada pertandingan leg kedua perebutan tempat ketiga yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis.


Berstatus sebagai tuan rumah, Borneo FC langsung tampil dominan sejak peluit awal pertandingan ditiup. Hasilnya, Pesut Etam melesatkan gol lewat sontekan Wiljan Pluim pada menit ke-3.

Lima menit berselang, Borneo FC menggandakan keunggulan usai Felipe Cadenazzi lepas dari jebakan offside dan mengelabuhi Adilson Maringa. Borneo unggul 2-0.

Unggul dua gol, Borneo FC tak mengendurkan serangan dan terus menyerang melalui umpan-umpan panjang yang difokuskan ke dua lini sayap. Di menit ke-21, Fajar Fathurahman melepaskan umpan silang yang langsung disambar Pluim dan membawa Borneo unggul 3-0.

Dalam posisi tertinggal tiga gol, Bali United tampil lebih agresif dengan melakukan serangan dari kombinasi lini tengah. Di menit ke-28, tendangan terukur Andhika Wijaya masih membentur mistar gawang Nadeo, bola liar yang diterima Elias Dolah langsung disepak untuk memperkecil kedudukan, 3-1.

Lalu pada menit ke-39, pergerakan dari sisi kanan Privat Mbarga melepaskan umpan silang, Silverio yang tak mampu menyapu bola dengan baik langsung disambut dengan sepakan Irfan Jaya untuk membawa kedudukan 3-2.

Hingga wasit meniup peluit babak pertama, Borneo FC unggul 3-2 atas tamunya Bali United.



Bermain di babak kedua, Borneo FC terus menggempur pertahanan Bali United yang kini menerapkan skema lini pertahanan tinggi.

Namun Bali United mampu melakukan skema serangan balik dari dua lini sayap, yang kerap merepotkan pertahanan Borneo FC.

Di paruh kedua, Borneo FC dan Bali United saling beradu serangan dengan masing-masing menguasai 50 persen penguasaan bola.

Di menit ke-63, Bali United melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Kadek Agung dan M. Rahmat menggantikan Mohammed Bassim dan Irfan Jaya.

Bali United yang terus bermain keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan justru dihukum lewat serangan balik. Di menit ke-70, Terens Puhiri melepaskan umpan silang yang langsung disambut dengan sepakan Cadenazzi yang tanpa penjagaan. Borneo unggul dengan skor 4-2.

Di babak kedua, Bali United total melepaskan empat tembakan ke arah gawang, sedangkan Borneo FC yang lebih bermain menunggu dan memanfaatkan serangan balik melepaskan tiga tembakan ke gawang.

Pertahanan rapat dari Borneo FC masih belum mampu ditembus oleh sektor sayap Bali United yang ditambah dengan juru gedor di lini depan seperti Spasojevic yang masuk di menit ke-76.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, Borneo FC menjaga keunggulan 4-2 dan unggul angregat 4-2 usai pada pertandingan leg pertama bermain imbang 0-0. Hasil ini juga memastikan Pesut Etam memastikan gelar peringkat ketiga Liga 1 2023/2024.




Susunan pemain:

Borneo FC Samarinda (4-3-3) : Nadeo Arga Winata (PG); Silverio Junio Goncalves, Muhammad Alfharezzi, Muhammad Fajar Fathurrahman, Leo Guntara; Kei Hirose, Adam Alis, Wiljan Willem Pluim; Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, Felipe Cadenazzi.

Pelatih : Pieter Huistra

Bali United FC (4-3-3) : Adilson Maringa (PG); Elias Dolah, Jajang Mulyana, Ricky Fajrin, I Made Andhika Wijaya; Made Tito, Luthfi Kamal, Mohammed Rashid; Yabes Roni, Irfan Jaya, Privat Mbarga.

Pelatih : Stefano Cugurra "Tecco"