Sigit: Pilkada 2024 di Palangka Raya harus berjalan damai

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, DPRD, Palangka Raya, kalteng

Sigit: Pilkada 2024 di Palangka Raya harus berjalan damai

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto berharap sekaligus mengajak seluruh pihak di wilayah setempat, agar bersama-sama mendukung pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 di daerah ini berjalan dengan damai.

"Untuk itu perlu adanya sinergitas dari seluruh pihak agar pemilihan kepala daerah bisa berjalan dengan lancar," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, lancarnya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tidak dapat terjadi jika hanya mengandalkan KPU dan Bawaslu saja.

Namun perlu adanya peran dari para tokoh, mulai dari tokoh agama, masyarakat, adat, pemuda hingga organisasi masyarakat untuk mengedukasi pentingnya menolak politik uang, kampanye hitam dan sebagainya.

"Karena saya rasa mereka (para tokoh,red) ini merupakan orang-orang yang berpengaruh dan dapat menggerakkan massa nya untuk melakukan suatu kebenaran," ucapnya.

Sigit melanjutkan, melalui edukasi tersebut dirinya meyakini dapat menjadi modal bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Dengan begitu, masyarakat menjadi tidak takut diancam atau diintervensi untuk melaporkan suatu pelanggaran dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

"Jangan sampai masyarakat menjadi takut untuk melapor. Karena kalai masyarakat diam, nantinya pemimpin yang lahir dari kecurangan hanya akan membuat masyarakat menjadi susah," ujarnya.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta ikut cegah DBD melalui pembersihan genangan air

Lebih lanjut Sekretaris DPD Partai PDI Perjuangan Kalimantan Tengah ini berharap dengan terlibatnya seluruh pihak dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah, bisa melahirkan pemimpin yang visioner.

Selain itu, pemimpin yang terpilih nantinya juga diharapkan dapat membawa perubahan yang besar, baik dari segi pembangunan, pendidikan, pendapatan di Kota Palangka Raya.

"Ayo kita sukseskan pemilihan kepala daerah tahun 2024 di Kota Palangka Raya. Kita bersama-sama mencegah adanya kecurangan dalam prosesnya," demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: Disdik Palangka Raya berlakukan empat jalur PPDB

Baca juga: Tidur telentang di jalan raya, pria diduga ODGJ di Palangka Raya tewas ditabrak

Baca juga: Masyarakat di Palangka Raya diajak berperan aktif memelihara lingkungan