Masyarakat di Palangka Raya diajak berperan aktif memelihara lingkungan

id Masyarakat di Palangka Raya diajak berperan aktif memelihara lingkungan, kalteng, Palangka raya

Masyarakat di Palangka Raya diajak berperan aktif memelihara lingkungan

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto mengajak seluruh masyarakat di daerah ini untuk berperan aktif dalam menjaga lingkungan sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

"Ini bisa menjadi momen bagi kita untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dirinya menekankan pentingnya peran setiap individu dalam menjaga kebersihan lingkungan, merawat tanaman, dan mengurangi dampak negatif terhadap alam.

Hal tersebut dapat dilakukan dari langkah kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon, dan mengurangi penggunaan plastik dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

"Langkah-langkah kecil seperti ini yang kerap disepelekan oleh masyarakat, padahal gerakan ini sangat penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya siapkan kanal pelaporan pungli PPDB

Sigit mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi momentum penting untuk mengingatkan semua pihak akan tanggung jawab kolektif dalam menjaga kelestarian bumi.

Dirinya juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga legislatif, dan masyarakat dalam menghadapi tantangan lingkungan.

"Kerja sama yang solid, diharapkan upaya pelestarian lingkungan dapat terwujud secara efektif dan berkelanjutan," ujarnya.

Lebih lanjut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah ini mengatakan, bahwa dengan peduli terhadap lingkungan akan memberikan dampak yang besar terhadap generasi penerus.

Sebab jangan sampai generasi penerus nantinya justru merasakan dampak kerusakan lingkungan yang telah diperbuat oleh manusia yang ada di zaman ini.

"Kita ini ingin semua merasakan lingkungan yang masih asri, sehat dan nyaman. Kalau di zaman kita ini saja tidak perduli terhadap lingkungan, tidak bisa dibayangkan seperti apa nanti kerusakan lingkungan yang terjadi di generasi penerus kita nantinya," demikian Sigit Karyawan Yunianto.

Baca juga: Palangka Raya perluas pemasaran UMKM melalui Indonesia City Expo

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta kendalikan inflasi jelang Idul Adha

Baca juga: Pemerintah Kota Palangka Raya diminta tingkatkan pengembangan ekonomi