Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL

id Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL, kalteng, Palangka raya, umpr, pendidikan

Fisipol UMPR buka pendaftaran mahasiswa baru program RPL

Flayer penerimaan mahasiswa baru program RPL. ANTARA/HO-Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II tahun akademik 2024/2025 program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada tiga Program Studi (Prodi).

"Pertama pada program studi Magister Administrasi Publik (MAP), pada prodi S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Ilmu Administrasi Negara," kata Ketua Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara Fisipol UMPR Milka MAP di Palangka Raya, Jumat.

Pada program perkuliahan program RPL, mahasiswa akan menempuh masa studi selama satu hingga satu setengah tahun atau antara 2 hingga 3 semester. Tergantung hasil penilaian terhadap pengalaman kerja para mahasiswa yang diakumulasi pada mata kuliah.

"Periode pendaftaran program RPL ini pada 31 Mei hingga 29 Juni 2024," katanya.

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring di bit.ly_PMB_FISIPOL-Ganjil_2024 dengan biaya pendaftaran Rp200.000 pada jenjang S1 dan Rp400.000 pada jenjang S2.

Calon mahasiswa juga dapat menghubungi tata usaha Fisipol UMPR di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Palangkaraya komplek Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah.

Program RPL merupakan pengakuan capaian pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau non formal atau dari pengalaman kerja untuk melanjutkan ke pendidikan formal.

Program pemerintah ini bertujuan mendorong perguruan tinggi memberikan kesempatan calon mahasiswa menyelesaikan pendidikan tinggi atau sarjana.

Baca juga: UMPR dan LSF kerja sama sosialisasi gerakan nasional sensor mandiri

Secara umum syarat pendaftaran program RPL adalah mengisi formulir pendaftaran, scan surat tugas atau surat keputusan bekerja, scan ijazah SMA sederajat, sertifikat keahlian atau kompetensi, scan KTP atau kartu keluarga dan pas foto dengan latar berwarna.

Fisipol Universitas Muhammadiyah Palangkaraya pun berkomitmen, menjadikan seluruh program studinya terus berkontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Berbagai program studi ini juga merupakan jawaban terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar kerja di era perkembangan teknologi dan zaman saat ini. Baik di bidang pemerintahan, komunikasi publik atau pun berbagai sisi kehidupan bermasyarakat lainnya.

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan sejak didirikan pada tahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”.

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya saat ini terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan. Dalam upaya untuk mencapai visi tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri.

Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya, dan di sisi lain dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Dalam hal posisi perguruan tinggi se Indonesia, maka peringkat UM Palangkaraya juga terus mengalami peningkatan. Ini berarti bahwa UM Palangkaraya merupakan universitas swasta terbaik bukan hanya se Kalteng, bahkan merupakan universitas swasta terbaik se Kalimantan.

Baca juga: Fisipol UMPR siap tingkatkan kualitas ASN melalui studi lanjut

Baca juga: Fisipol UMPR lakukan bimtek di DPRD Kabupaten Sukamara

Baca juga: FKIP UMPR kenalkan kehidupan kampus pada siswa SMA melalui Program Summer Camp