Transaksi Sampit Expo 2024 capai Rp3 miliar

id sampit expo 2024, perputaran uang 3 miliar, pemkab kotim, sampit, wabup irawati, kotawaringin timur

Transaksi Sampit Expo 2024 capai Rp3 miliar

Suasana di area stan kuliner pada event Sampit Expo 2024 yang dipadati pengunjung, Sabtu (15/6/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Sampit Expo 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah yang digelar selama delapan hari, yakni 8-15 Juni 2024, resmi ditutup dengan nilai transaksi mencapai Rp3 miliar.
 
“Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan penutupan Sampit Expo 2024 yang mana perputaran uang yang terjadi selama kegiatan ini cukup bagus, yakni mencapai Rp3 miliar,” kata Wakil Bupati Kotim Irawati di Sampit, Sabtu.
 
Ia menerangkan, Sampit Expo sejatinya merupakan agenda rutin Pemkab Kotim yang digelar setiap tahun, namun karena adanya pandemi COVID-19 dan larangan penyelenggaraan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak maka agenda ini sempat ditiadakan selama beberapa tahun.
 
Sampit Expo 2024 ini pun menjadi Sampit Expo pertama yang digelar dibawah kepemimpinan Harati, yakni Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati. Kegiatan kali ini terbilang sukses dan disambut antusiasme masyarakat yang membuktikan perekonomian daerah mulai pulih dan berangsur membaik.
 
Sampit Expo 2024 dinilai telah memberikan pengaruh yang positif bagi percepatan pembangunan ekonomi daerah dengan memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk unggulan daerah kepada masyarakat luas. 
 
“Berdasarkan pantauan kami Sampit Expo kali ini dikatakan sukses dan berjalan dengan baik. Setiap stan memamerkan hasil karya UMKM binaan mereka, pelaku UMKM bisa memperkenalkan produk mereka dan disisi lain juga sebagai hiburan masyarakat,” ujarnya.
 
Ia melanjutkan, adanya Sampit Expo 2024 juga menjawab keinginan masyarakat Kotim yang haus akan hiburan, sebab memang di Kotim khususnya Kota Sampit jarang digelar kegiatan skala besar dan meriah
 
Irawati pun berharap tahun depan dan selanjutnya Sampit Expo dapat kembali digelar tanpa ada perihal yang menjadi halangan. Ia juga berharap pemulihan ekonomi ini dapat terus berlangsung, tidak hanya ketika ada event-event seperti ini tetapi juga seterusnya.
 
Tak lupa, ia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi atas kesuksesan penyelenggaraan kegiatan Sampit Expo 2024. Serta bersyukur karena seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Baca juga: Kotim dapat bantuan 151 sapi kurban
 
Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kotim sekaligus Panitia Sampit Expo 2024, Zulhaidir menjelaskan kegiatan Sampit Expo bertujuan mempromosikan produk-produk unggulan daerah, memperkenalkan potensi ekonomi lokal, serta mempererat hubungan antara pelaku usaha dan masyarakat.
 
Kegiatan ini juga bertujuan memperlihatkan capaian kinerja Pemkab Kotim yang diwakili oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada. Sampit Expo ini juga dibarengi dengan Kejuaraan Antarkampung (Tarkam) yang digelar oleh Kemenpora di Kotim.
 
“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta pameran yang telah berpartisipasi dan memeriahkan Sampit Expo tahun ini, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.
 
Zulhaidir meneruskan, Sampit Expo 2024 diikuti oleh 115 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, perusahaan, instansi pemerintah, dan komunitas kreatif. Antusiasme dari masyarakat juga sangat tinggi, terbukti meskipun hujan jumlah pengunjung mencapai 12.000 orang selama acara berlangsung.
 
Ia juga menyebutkan sejumlah capaian dan keberhasilan yang diraih dalam Sampit Expo 2024, mulai dari total transaksi mencapai Rp3 miliar, banyak produk lokal yang berhasil mendapatkan perhatian dan minat dari pengunjung, serta adanya kerjasama bisnis yang terjalin.
 
Disamping itu, terjadi banyak interaksi dan kolaborasi antara peserta pameran dengan pengunjung yang diharapkan berlanjut di masa depan.
 
Ia berharap Sampit Expo 2024 dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah dan memberikan motivasi bagi UMKM lokal untuk berproduksi dan menambah jaringan usaha lebih baik lagi.
 
“Kami juga berharap Sampit Expo tahun depan sudah menggunakan gedung sendiri, sehingga penampilan dan pengelolaannya bisa lebih baik tentunya dengan dukungan pimpinan daerah,” demikian Zulhaidir.