Pawai budaya upaya kenalkan adat istiadat ke generasi muda Gumas

id Pawai budaya upaya kenalkan adat istiadat ke generasi muda Gumas, kalteng, gumas, Gunung mas, budaya

Pawai budaya upaya kenalkan adat istiadat ke generasi muda Gumas

Legislator Kabupaten Gumas Punding S Merang. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Punding S Merang menyambut baik lomba pawai budaya pada pelaksanaan Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM), dalam rangka hari jadi ke-22 kabupaten setempat.

“Pawai budaya merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan beragam adat istiadat atau cerita rakyat kepada generasi muda. Saya menyambut baik pawai tersebut,” ucapnya di Kuala Kurun, Rabu.

Punding berkesempatan untuk menyaksikan langsung pelepasan kontingen pawai budaya, yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden di Taman Kota Kuala Kurun, Senin (17/6).

Sebanyak 40 kelompok mengikuti pawai budaya, dengan rincian 12 kontingen kecamatan dan 28 kontingen perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Gumas atau instansi lainnya.

Kontingen kecamatan secara khusus menampilkan berbagai tema, yang disesuaikan dengan kebijakan lokal atau cerita rakyat yang berasal dari wilayah masing-masing.

Baca juga: DPRD apresiasi keberadaan layanan publik di Pameran Pembangunan Gumas

Misalnya saja kontingen Kecamatan Kahayan Hulu Utara yang mengangkat tema Betang Singa Kenting, kontingen Kecamatan Tewah yang mengangkat tema Tambun Bungai menjaga Benteng Puruk Haramaung, dan lainnya.

Dari situ, masyarakat dalam hal ini penonton pawai budaya menjadi mengetahui kekayaan adat istiadat, yang berasal dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

“Dari pelaksanaan pawai budaya, penonton khususnya generasi muda mengetahui Betang Singa Kenting, Tambun Bungai, dan lainnya,” papar pria kelahiran Kelurahan Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu ini.

Politisi Partai Golkar ini berharap, ke depan pawai budaya bisa tetap menjadi salah satu cabang lomba yang dipertandingkan dalam pelaksanaan FBMM, dengan peserta yang semakin banyak.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden melepas 40 kontingen pawai budaya FBMM 2024 di Taman Kota Kuala Kurun, Senin (17/6).

“Gumas memiliki adat istiadat atau budaya yang patut kita junjung tinggi. Generasi muda, generasi selanjutnya hendaknya mengetahui dan memahami bahwa kita memiliki budaya yang harus dihormati,” demikian Herson.

Baca juga: DPRD Gumas ajak masyarakat bantu promosikan produk lokal

Baca juga: Pj Bupati Gumas ajak masyarakat perkuat gotong royong jaga kebersihan

Baca juga: Ketua DPRD Gumas inginkan Festival Budaya Mihing Manasa pererat silaturahmi