Pemkab Seruyan siapkan program budi daya kepiting

id pemkab seruyan, kuala pembuang, kepiting seruyan, budi daya kepiting

Pemkab Seruyan siapkan program budi daya kepiting

Ilustrasi - Kepiting sebelum diekspor. (ANTARA/HO-Karantina Kalsel)

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan (Diskan) setempat terus berupaya dalam meningkatkan potensi perikanan yang dimiliki.
 
Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Seruyan, Halidah di Kuala Pembuang, Kamis, menyebutkan jika untuk kepiting di wilayah setempat saat ini populasinya mulai menurun.

"Oleh sebab itu, pihaknya pun harus menyiapkan program budi daya kepiting untuk mengatasi menurutnya populasi kepiting," terangnya.

Optimalisasi program budi daya menjadi salah satu fokus pihaknya sehingga potensi sektor kelautan dan perikanan di kabupaten setempat mampu dioptimalkan.
 
"Kita ke depan akan menyiapkan program budi daya kepiting, karena kita liat saat ini populasi kepiting menurun," tuturnya.

Permintaan yang banyak dengan harga yang tinggi membuat penangkap kepiting cukup berlebihan, artinya saat kepiting bertelur ditangkap juga.
 
Halidah juga mengakui, meskipun Kabupaten Seruyan terkenal dengan potensi perikanan baik ikan sungai maupun ikan lautnya, termasuk udang laut dan kepiting.

Namun, apabila kepiting yang bertelur juga ditangkap sehingga kepiting juga tidak bisa bereproduksi dan populasi pun ikut berkurang.
 
"Menangkap kepiting yang bertelur sebenarnya dilarang, karena kita harus memberikan kesempatan bagi kepiting itu untuk bereproduksi untuk memperbanyak diri," jelasnya.
 
Oleh sebab itu, pemerintah daerah melalui Diskan juga berencana mempersiapkan program budidaya. Sehingga ke depannya, kepiting bertelur yang ditangkap itu bisa dibeli dan dibudidayakan oleh dinas perikanan.
 
Tidak hanya itu, rencananya Dinas Perikanan Kabupaten setempat juga akan kerjasama dengan Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Jepara, mengingat mereka sudah maju dalam bidang budidaya kepiting.