Kapolres Lamandau: Jaga kamtibmas jelang Pilkada Serentak 2024

id Polres Lamandau ,Kalteng,AKBP Bronto Budiyono ,Pilkada Serantak 2024,Kamtibmas

Kapolres Lamandau: Jaga kamtibmas jelang Pilkada Serentak 2024

Kapolres Lamandau AKBP Bronto Budiyono. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolres Lamandau, Kalimantan Tengah (Kalteng) AKBP Bronto Budiyono mengatakan seluruh elemen masyarakat di daerah setempat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Pentingnya peran aktif seluruh elemen masyarakat dalam memelihara situasi keamanan. Maka dari itu para tokoh masyarakat, agama dan pemuda agar benar-benar terlibat dalam menjaga kamtibmas di daerah setempat jelang pilkada," kata Bronto Budiyono di Lamandau, Sabtu.

Dia menekankan, bahwa menjaga keamanan adalah tanggung jawab bersama. Bahkan ia juga mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan yang selama ini menjadi sasaran para oknum yang sengaja ingin merusak iklim kamtibmas di daerah setempat jelang pilkada ini.

"Mari kita jaga kebersamaan dan keharmonisan dalam bermasyarakat, terutama dalam konteks pelaksanaan pilkada serentak yang akan datang," tuturnya.

Perwira Polri berpangkat melati dua itu juga menegaskan, upaya preventif dan proaktif akan terus ditingkatkan oleh pihak kepolisian, dengan melibatkan berbagai stakeholder dan komunitas lokal dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Orang nomor satu di lingkup Polres Lamandau itu juga berkomitmen, bahwa Polres setempat akan memberikan pengamanan yang maksimal selama masa kampanye hingga pelaksanaan pilkada nantinya berlangsung.

"Selama ini iklim kamtibmas di daerah hukum Polres Lamandau aman dan tidak ada gangguan yang menonjol. Meskipun ada gangguan kamtibmas, personel kami di lapangan bisa mengatasi dan mencarikan solusinya untuk masyarakat," bebernya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Lamandau juga mengimbau kepada seluruh bakal calon dan pendukung kepala daerah yang nantinya akan berkompetisi, agar dapat menjunjung tinggi etika dan aturan dalam berpolitik demi terciptanya proses demokrasi yang sehat dan bermartabat.

"Sehingga pemimpin yang nantinya dipilih oleh masyarakat, benar-benar pemimpin yang memiliki kualitas yang baik dan selalu pro rakat," demikian Bronto Budiyono.