Pemkab Murung Raya salurkan bantuan Rp 1,8 miliar program KMS

id Pemkab Murung Raya, Kalimantan Tengah, Murung Raya, mura, kalteng, Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Murung Raya

Pemkab Murung Raya salurkan bantuan Rp 1,8 miliar program KMS

Penjabat Sekda Murung Raya, Rudie Roy didampingi para pejabat terkait saat menyerahkan secara simbolis bantuan dari program KMS di halaman Bank Kalteng di Puruk Cahu, Rabu (3/7/2024). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan dana senilai Rp1,8 miliar dari program Kartu Murung Raya Sejahtera (KMS) untuk 1.875 kepala keluarga (KK) atau keluarga penerima manfaat (KPM).

Penyaluran ini untuk periode triwulan I dan II dengan nilai anggaran sebesar Rp1.875.000.000 kepada 1.875 KPM, kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Murung Raya, Jambi Tuah di halaman Bank Kalteng di Puruk Cahu, Rabu.

"Dalam artian per triwulan tiap KPM menerima senilai Rp 500.000," tambahnya.

Dikatakan, program KMS itu berdasarkan peraturan bupati (Perbup) dan data  penerima program itu sendiri dikumpulkan dari tiap RT/RW, kepala desa, lurah serta camat se-Kabupaten Murung Raya yang divalidasi setiap bulan. Di mana kategori penerima adalah lansia atau lansia terlantar usia diatas 80 tahun, warga penyandang disabilitas, yatim piatu dan warga atau kelompok kepala keluarga tidak mampu.

Adapun data penerima program KMS tiap kecamatan disampaikan Jambi, yaitu Kecamatan Murung sebanyak 634 KPM, Tanah Siang 344 KPM, Tanah Siang Selatan 108 KPM, Laung Tuhup 228 KPM, Permata Intan 199 KPM, Uut Murung 63 KPM, Barito Tuhup Raya 109 KPM, Sumber Barito 62 KPM, Sungai Babuat 72 KPM dan Seribu Riam 56 KPM.

"Program bantuan KMS bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan di Murung Raya melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin yang ada di Dinas Sosial dengan penyalurannya bekerja sama dengan pihak Bank Kalteng," beber Jambi.

Sebelumnya Pimpinan Bidang Pelayanan dan SOC pada Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu, Hendra Nurawayudi menyampaikan terima kasih kepada pihak Pemkab Murung Raya karena telah memilih Bank Kalteng sebagai mitra penyalur program KMS.

Menurut Hendra, penyaluran program bantuan KMS tersebut dilaksanakan secara bertahap dan langsung ke rekening masing-masing penerima. Di mana untuk yang berada di Kecamatan Murung penyalurannya langsung melalui Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu. Sementara warga Kecamatan Laung Tuhup dan Barito Tuhup Raya di Bank Kalteng Cabang Pembantu Muara Laung.

"Bagi warga di Kecamatan Permata Intan dan Sumber Barito, melalui Bank Kalteng Cabang Pembantu Tumbang Lahung. Dan, kecamatan di luar itu, dapat mengambil bantuan KMS di kantor kecamatan masing-masing," kata Hendra.

Baca juga: Pemkab ingin Mura jadi sentra penghasil padi lahan kering dan coklat

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah Murung Raya, Rudie Roy meminta agar penerima bantuan sosial KMS hendaknya dievaluasi secara periodik oleh Dinas Sosial bekerja sama dengan para camat dan kepala desa atau lurah.

Evaluasi dilakukan jikalau nantinya dalam verifikasi dan validasi data penerima bantuan ditemukan KPM yang mampu, penerima ganda, pindah domisili dan meninggal dunia.

"Itulah kenapa lurah atau kepala desa bisa mengusulkan penggantinya kepada bupati melalui Dinas Sosial dengan melampirkan berita acara pergantian KPM," demikian Rudie Roy.

Baca juga: Penjabat Bupati Murung Raya segera keluarkan SE larangan judi online

Baca juga: Ketua DPRD Mura apresiasi capaian kinerja Polri

Baca juga: Penjabat Bupati Murung Raya harapkan Polri terus jadi pengayom masyarakat