DPRD Mura harap program KMS turunkan angka kemiskinan

id dprd murung raya, rahmanto, kms, kartu murung raya sejahtera, kemiskinan ekstrem, puruk cahu

DPRD Mura harap program KMS turunkan angka kemiskinan

Wakil Ketua DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin (kanan). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Murung Raya, Kalimantan Tengah Rahmanto Muhidin berharap program bantuan Kartu Murung Raya Sejahtera (KMS) yang baru saja disalurkan pemerintah kabupaten memberi banyak dampak positif untuk keluarga penerima manfaat (KPM).

“Kita apresiasi upaya pemkab melalui program KMS karena telah membantu warga yang masuk kategori tidak mampu,” kata Rahmanto di Puruk Cahu, Rabu.

Menurut Rahmanto, DPRD akan terus bersama Pemkab Murung Raya dalam upaya menurunkan angka kemiskinan yang saat ini masuk dalam kategori salah satu kabupaten di Kalteng yang ekstrem tingkat kemiskinannya.

“DPRD akan bantu di setiap pembahasan anggaran sehingga program KMS ini atau program lainnya bisa dinikmati, serta membantu masyarakat kita yang benar-benar membutuhkan,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Murung Raya salurkan bantuan Rp 1,8 miliar program KMS

Dikatakan Rahmanto juga KMS merupakan salah satu program andalan bagi Pemkab Murung Raya dalam rangka memberikan bantuan sosial berupa dana untuk masyarakat yang masuk dalam kategori lansia terlantar, anak terlantar, disabilitas, serta orang-orang yang di bawah garis kemiskinan yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi.

Tak hanya itu, Rahmanto juga mengatakan sesuai dengan persetujuan DPRD untuk tahun anggaran 2024 ini dana bantuan sosial untuk program KMS yang berada di Dinas Sosial senilai Rp3.750.000.000.

Untuk memastikan program KMS bisa tepat sasaran, Rahmanto meminta kepada pemkab melalui Dinas Sosial untuk selalu mengevaluasi penerima KMS dibantu perangkat mulai dari kecamatan sampai RT/RW.

“Sekali lagi saya mengharapkan kepada semua pihak agar mencermati data penerima bantuan sosial, termasuk KMS ini, sehingga bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah benar-benar tepat sasaran,” tambah Rahmanto.

Baca juga: Pemkab ingin Mura jadi sentra penghasil padi lahan kering dan coklat

Baca juga: Penjabat Bupati Murung Raya segera keluarkan SE larangan judi online

Baca juga: Ketua DPRD Mura apresiasi capaian kinerja Polri