Palangka Raya juara umum Pesparawi XVII Kalteng

id Palangka Raya juara umum Pesparawi XVII Kalteng, kalteng, pulang Pisau, Pesparawi

Palangka Raya juara umum Pesparawi XVII Kalteng

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani menyerahkan piala juara umum Pesparawi XVII Kalteng kepada Penjabat Walikota Palangka Raya Hera Nugrahayu yang penutupan kegiatan dipusatkan di stadion HM Sanusi. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Kontingen Kota Palangka Raya akhirnya keluar sebagai juara umum Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XVII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau sebagai tuan rumah.

Kota Palangka Raya berhasil mengantongi tujuh champion atau juara pertama dari 12 kategori yang diperlombakan dalam Pesparawi XVII, disusul Murung Raya mengantongi champion dari dua kategori. Tiga kabupaten masing-masing Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, dan Pulang Pisau hanya mampu meraih champion di satu kategori.

Penjabat Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dipercaya menutup Pesparawi XVII Kalteng mengatakan bahwa bahwa terselenggaranya Pesparawi ini telah mengimplementasikan fakta nyata, ada kerukunan dan keharmonisan umat beragama di Kalteng.

”Pesparawi adalah untuk wujud menyatakan semangat kebhinnekaan dan toleransi agar terus terjaga. Di tengah keberagaman budaya dan agama yang dimiliki Kalteng, mari junjung tinggi Falsafah Huma Betang di Bumi Isen Mulang,” kata Nunu Andriani.

Dikatakan Nunu Andriani, momentum Pesparawi ini juga menjadi sebuah perayaan iman yang menguatkan, untuk semakin memperdalam iman melalui alunan nada dan harmoni musik Gerejawi. Kegiatan ini merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan dan menunjukkan bakat dan potensi di bidang musik, terutama bagi kalangan generasi muda Kristen di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Atlet Pulang Pisau diingatkan jaga sportivitas di Selekda Pra Popnas

Dalam penutupan Pesparawi XVII Kalteng yang dipusatkan di stadion HM Sanusi ini diumumkan juga oleh panitia kabupaten yang ditunjuk sebagai penyelenggara dan tuan rumah Pesparawi XVIII Kalteng adalah Kabupaten Sukamara.

Penutupan Pesparawi dimeriahkan kehadiran artis Nella Kharisma yang menjadi daya tarik bagi seluruh kontingen dan masyarakat. Penyanyi dangdut koplo asal Kediri Jawa Timur ini juga memuji keramahan masyarakat Kalimantan Tengah juga Kabupaten Pulang Pisau.

Selain melantunkan beberapa lagu rohani, Nella Kharisma menyanyikan lagu hits diantaranya pamer bojo, rungkad, nemen dan ditutup lagu jaran goyang disertai pesta kembang api yang menutup seluruh rangkaian kegiatan.

Berikut pemenang 12 katagori lomba Pesparawi XVII Kalteng:

Kategori solo anak putra/putri usia 10-13 tahun. Juara pertama Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Gunung Mas dan juara ketiga adalah Kabupaten Katingan. 

Kategori solo remaja/pemuda putri. Juara pertama Kabupaten Murung Raya, kedua Kota Palangka Raya, dan ketiga Kabupaten Barito Utara. 

Kategori solo remaja. Juara pertama Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Kapuas dan ketiga Kabupaten Katingan. 

Kategori vokal grup remaja pemuda. Juara pertama Kabupaten Seruyan, kedua Kota Palangka Raya dan ketiga Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Kategori musik pop gerejawi. Juara pertama Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Barito Selatan dan ketiga Kabupaten Katingan.

Kategori paduan suara wanita. Juara pertama Kabupaten Murung Raya, Kedua Kota Palangka Raya, dan ketiga Kabupaten Kapuas. 

Kategori paduan suara pria. Juara pertama  Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Gunung Mas, dan ketiga Kabupaten Murung Raya. 

Kategori suara anak, untuk juara pertama Kabupaten Pulang Pisau, kedua Kabupaten Kotawaringin Timur, dan ketiga Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Kategori paduan suara remaja pemuda. Juara pertama Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Kotawaringin Timur, dan ketiga Kabupaten Murung Raya. 

Kategori paduan suara dewasa campuran. Juara pertama Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Kapuas, dan Ketiga Kabupaten Katingan. 

Kategori musik gerejawi nusantara. Juara pertama Kabupaten Kotawaringin Timur, kedua Kabupaten Pulang Pisau. 

Kategori solo anak putra/putri usia 7-9 tahun. Juara pertama Kota Palangka Raya, kedua Kabupaten Pulang Pisau, dan ketiga Kabupaten Katingan. 

Baca juga: Peringatan ulang tahun jadi momentum semangat mewujudkan 'Pulang Pisau Basewut'

Baca juga: 2.695 peserta ramaikan Pesparawi XVII Kalteng

Baca juga: Buka Pesparawi, Wamen Agama puji toleransi beragama di Kalteng