Pemkab tetapkan puncak Hari Jadi ke-74 Barito Utara pada 22 Juli

id hari jadi barito utara,hari jadi kabupaten,hut kemerdekaan ,ri,barut,barito utara,kalteng,hari jadi ke-74,hut ke-79

Pemkab tetapkan puncak Hari Jadi ke-74 Barito Utara pada 22 Juli

Pj Sekda Barito Utara Jufriansyah memimpin rapat persiapan peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Barito Utara dan HUT ke-79 RI Tahun 2024 di Muara Teweh, Jumat (5/7/2024).ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menetapkan puncak peringatan Hari Jadi ke-74 kabupaten setempat pada 22 Juli 2024.

"Kita sepakati bersama upacara peringatan Hari Jadi ke-74 Barito Utara akan dilaksanakan pada Senin (22/7) di Arena Terbuka Tiara Batara Muara Teweh," kata Penjabat Sekretaris Daerah Barito Utara Jufriansyah memimpin rapat koordinasi persiapan hari jadi dan  HUT ke-79 Republik Indonesia di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Jufriansyah dengan diadakan rapat persiapan pelaksanaan Hari Jadi ke-74 dan HUT ke-79 RI Tahun 2024 dapat memantapkan pelaksanaan sesuai yang telah disepakati bersama, serta mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan bersama. 

"Seluruh dinas instansi diharapkan turut berpartisipasi dalam berbagai lomba yang akan digelar nantinya dalam memperingati Hari Jadi ke-74 Kabupaten Barito Utara," katanya.

Dia menjelaskan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Barito Utara dan HUT ke-79 RI yaitu pada Kamis (18/7) dilaksanakan senam masal dan jalan sehat, tanggal 20-21 Juli dilaksanakan kegiatan Yamaha Batara Fun Road Race.

“Pada Rabu (24/7) malam masyarakat Barito Utara akan dihibur oleh artis ibu kota grup Band Kotak di arena Tiara Batara,” kata Jufriansyah.

Kemudian pada Rabu (24/7) di aula Dinas Budparpora dilaksanakan teknikal meeting Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (IMBT). Pada Kamis (25/7) pada pukul 10.00 Wib diadakan pembukan Batara Expo dan pembukaan Festival Budaya IMBT di Bandara Beringin Muara Teweh.

Pada 26-27 Juli 2024 kegiatan di Balai Antang, Arena Tiara Batara, Lapangan Kodim dan Bandara Beringin dilaksanakan kegiatan FB IMBT, lomba desain batik khas Barito Utara, lomba penganan bahan jagung.

Minggu (28/7) pukul 19.00 WIB di arena Tiara Batara dilaksanakan penutupan FB IMBT dan pada Minggu,4 Agustus 2024 pukul 19.00 WIB di Bandara Beringin Muara Teweh dilaksanakan penutupan Batara Expo.

Sementara, Agustus-September 2024 diadakan kegiatan kejuaraan mini soccer antar OPD, balap ketinting, sepak bola, bola volly, bina raga, badminton, basket dan drum band antar sekolah.

Pada 16 Agustus 2024 di ruang rapat paripurna DPRD dilaksanakan kegiatan rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan HUT RI di gedung DPRD. Pengukuhan anggota Paskibraka (Kesbangpol), TMP Dharma Persada dilaksanakan upacara renungan suci (Dinas Sosial PMD).

"Sabtu (17/8) pada pukul 07.00 WIB dilaksanakan upacara Detik-Detik Proklamasi sedangkan pada pukul 15.00 WIB di arena Tiara Batara dilaksanakan upacara penurunan bendera," demikian Jufriansyah.