Kini fitur Circle to Search hadir di Chrome

id fitur Circle ,chrome,google

Kini fitur Circle to Search hadir di Chrome

Ilustrasi Google Chrome (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) -
Google memperluas memperluas jangkauan Circle to Search melampaui perangkat ponsel pintar berbasis Android melalui pengintegrasian fitur dengan Google Lens pada peramban Chrome untuk desktop.

Menurut siaran Android Central pada Selasa (30/7), fitur Circle to Search sekarang tersedia di versi beta ChromeOS 127 dan Chrome 128 untuk Windows dan macOS.

Upaya pencarian menggunakan fitur ini dimulai dengan mengeklik "Search with Google Lens" pada menu Chrome dan kemudian melingkari unsur konten yang hendak dicari pada layar.

Dengan menggeser kotak di sekitar konten, hasil pencarian akan secara instan terlihat di panel samping, sehingga pengguna bisa melanjutkan penelusuran sambil mengecek hasil pencarian.

Baca juga: Begini cara aktifkan fitur perlindungan di Google Chrome

Circle to Search semula diluncurkan untuk ponsel Galaxy S24 dan Pixel 8, tetapi penggunaannya kemudian diperluas ke perangkat yang lain.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi berdasarkan konten visual secara mudah.

Di desktop, fitur ini disebut Drag to Search. Pengguna ChromeOS bisa mengakses fitur dengan mengeklik ikon Google Lens di bilah alamat.

Baca juga: Google luncurkan panduan pengaturan privasi dan langkah keamanan di Chrome

Sedangkan pengguna Windows dan macOS bisa menggunakannya dengan memilih "Search with Google Lens" pada aliran menu Chrome.

Google Lens di Chrome memudahkan pengguna mencari apapun yang terlihat di layar, termasuk mencari sesuatu yang muncul dalam video yang sedang dilihat atau gambar yang ada pada halaman web.

Hingga saat ini belum ada pemberitahuan resmi mengenai kapan fitur tersebut akan tersedia bagi semua orang. Namun, biasanya fitur baru akan tersedia secara luas tidak lama setelah hadir dalam versi beta.

Baca juga: Chrome luncurkan 'multiwindow' dengan peningkatan kinerja 18x pada tablet

Baca juga: Google Chrome tunda pemblokiran cookie pelacakan hingga 2023

Baca juga: Google tunda pemblokiran cookie pelacakan Chrome