Kadisarpustaka Kapuas: Perpustakaan keliling beri anak akses bacaan berkualitas

id disarpustaka kapuas, perpustakaan keliling, perpustakaan kapuas, suwarno muriyat, literasi, budaya baca, kuala kapuas

Kadisarpustaka Kapuas: Perpustakaan keliling beri anak akses bacaan berkualitas

Sejumlah siswa SD Katolik Santo Pualus, Kuala Kapuas, penuh antusias mendatangi mobil perpustakaan keliling milik Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Kamis (1/8/2024). (ANTARA/HO-Disarpustaka Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Perpustakaan keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah kembali menggelar kegiatan literasi dengan menyasar Sekolah Dasar Katolik Santo Paulus Kapuas.
 
“Program ini bertujuan meningkatkan minat baca di kalangan siswa-siswi sekolah dasar, khususnya di daerah yang memiliki akses terbatas terhadap sumber bacaan,” kata Kepala Disarpustaka Kapuas Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas.
 
Pada kunjungan kali ini, perpustakaan keliling membawa berbagai macam buku bacaan, mulai dari cerita anak, buku pengetahuan, hingga buku-buku pelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar.
 
Kehadiran perpustakaan keliling ini disambut antusias oleh para siswa yang terlihat sangat bersemangat untuk memilih dan membaca buku yang disediakan.

Baca juga: Capaian PIN Polio putaran pertama di Kapuas capai 37.674 anak
 
Kegiatan ini tidak hanya sekadar menyediakan buku, tetapi juga melibatkan berbagai aktivitas menarik seperti mendongeng, lomba mewarnai, dan kuis literasi.

Para petugas perpustakaan juga memberikan motivasi dan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya membaca sebagai kunci untuk membuka wawasan dan pengetahuan.
 
Kedatangan perpustakaan keliling ini, juga disambut baik serta diapresiasi sejumlah guru dan orang tua murid di sekolah. Mereka menilai perpustakaan keliling sangat membantu dalam menumbuhkan minat baca siswa yang selama ini masih kurang optimal.
 
Lebih lanjut Suwarno mengatakan, program perpustakaan keliling merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendekatkan buku kepada masyarakat, terutama anak-anak.
 
“Kami ingin semua anak di Kapuas memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses bacaan berkualitas, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berwawasan luas,” katanya.
 
Dengan adanya perpustakaan keliling ini, diharap minat baca di kalangan siswa khususnya SD Katolik Santo Paulus dapat meningkat dan menjadi budaya yang melekat dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Baca juga: DPMD Kapuas ingatkan penyusunan RKPDes harus sesuai aturan

Baca juga: Camat dan kades di Kapuas diminta sosialisasikan sasaran UHC

Baca juga: Satpol PP Kapuas gencar ke sekolah sosialisasikan pencegahan kenakalan remaja