Legislator Gumas apresiasi keberlanjutan bantuan paket pangan Bapanas

id Legislator Gumas apresiasi keberlanjutan bantuan paket pangan Bapanas, kalteng, gumas, Gunung mas

Legislator Gumas apresiasi keberlanjutan bantuan paket pangan Bapanas

Legislator Kabupaten Gumas Edyson D Kenting. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Edyson D Kenting mengapresiasi keberlanjutan program bantuan paket pangan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas), kepada ratusan kepala keluarga di daerah setempat.

Bantuan paket pangan yang disalurkan sejak tahun 2023 tersebut diharap akan tetap berkelanjutan di tahun-tahun mendatang, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

“Pada tahun 2023 ratusan kepala keluarga di Gumas mendapat bantuan paket pangan dari Bapanas, begitu juga di tahun 2024 ini. Saya harap ke depan program tersebut dapat terus berkelanjutan,” sambungnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyebut, bantuan paket pangan dari Bapanas sangat bermanfaat bagi kepala keluarga yang menerima. Tak hanya itu, bantuan tersebut juga membantu pemerintah daerah, karena berasal dari APBN.

Sebab, tutur dia, APBD Gumas sangat terbatas. Oleh sebab itu, bantuan yang berasal dari APBN tentu akan membantu pemda guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam hal ini penerima bantuan paket pangan.

“Saya juga berharap ke depan komoditas bantuan paket pangan semakin beragam,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan II, yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Baca juga: RSUD Kuala Kurun canangkan zona integritas menuju WBK-WBBM

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Gumas Eigh Manto menyampaikan bahwa sebanyak 316 kepala keluarga yang tersebar di enam desa/kelurahan di lima kecamatan wilayah setempat mendapat bantuan paket pangan dari Bapanas.

Rinciannya 42 KK di Desa Tangki Dahuyan Kecamatan Manuhing, 48 KK di Desa Hujung Pata dan 52 KK di Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat, 85 KK di Desa Batu Puter Kecamatan Rungan Hulu, 46 KK di Desa Tumbang Sian Kecamatan Kahayan Hulu Utara, dan 43 KK di Desa Tumbang Lapan Kecamatan Miri Manasa.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan di DPKP Gumas, Frinetha menyampaikan bahwa paket bantuan terdiri dari satu kaleng kornet sapi kemasan 340 gram, empat kaleng sarden kemasan 155 gram, dua liter minyak goreng, dua bungkus garam beryodium kemasan 250 gram, dua bungkus bihun jagung kemasan 320 gram, serta dua bungkus kacang hijau kemasan 500 gram.

Bantuan disalurkan oleh PT Pos Indonesia ke enam desa/kelurahan tadi, mulai 25 Juli hingga 31 Juli 2024. DPKP Gumas bersama pemangku kepentingan terkait juga ikut turun ke lapangan, guna memastikan bantuan tersalurkan kepada mereka yang berhak menerima.

"Pada tahun 2023 ada 268 KK yang mendapat bantuan paket pangan dari Bapanas yang tersebar di Tampelas Kecamatan Sepang, Tuyun Kecamatan Mihing Raya, Sumur Mas, Upon Batu, dan Tanjung Untung Kecamatan Tewah, Hantapang dan Batu Puter Kecamatan Rungan Hulu, Tumbang Baringei Kecamatan Rungan, serta Tumbang Kuayan Kecamatan Rungan Barat," demikian Frinetha.

Baca juga: DPRD Gumas setujui Raperda Perubahan APBD 2024 dengan sejumlah catatan

Baca juga: Gunung Mas perkuat kerja sama atasi karhutla

Baca juga: Legislator Gumas minta pemkab bangun asrama pelajar