Warga Kotim adu kreativitas meriahkan pawai pembangunan

id Warga Kotimadu kreativitas meriahkan pawai pembangunan, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, Bupati kotim, Halikinnor

Warga Kotim adu kreativitas meriahkan pawai pembangunan

Kemeriahan pawai pembangunan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kotim, Minggu (18/8/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Pawai pembangunan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah berlangsung meriah dengan berbagai kreativitas para peserta yang terdiri 251 kelompok.

“Pawai pembangunan tahun ini sangat luar biasa, banyak kreasi dan ide dari peserta yang dikeluarkan pada penampilan hari ini. Menunjukkan kegiatan ini bisa kita jadikan sebagai agenda pariwisata,” kata Bupati Kotim Halikinnor di Sampit, Minggu.

Pawai pembangunan merupakan agenda rutin Pemkab Kotim yang menjadi rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Rombongan pawai dilepas langsung oleh Halikinnor didampingi Wakil Bupati Kotim Irawati dan FKPD Kotim dari depan rumah jabatan bupati.

Sesuai dengan sub tema pawai pembangunan tahun ini, yakni Kreativitas Tanpa Batas untuk Kotim Hebat, para peserta berlomba menunjukkan kreativitas terbaiknya sesuai kategori masing-masing. Mulai dari pejalan kaki dengan busana menarik, sepeda hias, drum band, hingga mobil hias dengan pernak-pernik yang menyimbolkan tugas masing-masing.

Pawai ini juga menjadi sarana promosi bidang kerja instansi, bidang usaha perusahaan hingga satuan pendidikan. Pesertanya datang dari berbagai kalangan, seperti organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren, kelompok bela diri, majelis, kelompok adat, pelaku usaha, hingga kelompok pedagang pasar.

“Pesertanya sangat membludak, penontonnya juga antusias. Alhamdulillah, Allah juga mendukung sehingga kegiatan ini berjalan lancar meski sempat gerimis tapi tidak sampai hujan,” ucap Halikinnor.

Bupati Halikinnor, Wakil Bupati Irawati dan Sekretaris Daerah Fajrurrahman di tengah kemeriahan pawai pembangunan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kotim, Minggu (18/8/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Namun, ada yang berbeda pawai pembangunan tahun ini, pasalnya Pemkab Kotim mengubah rute pawai dari yang biasanya Jalan Achmad Yani menuju Jalan HM Arsyad, Jalan MT Haryono, Jalan Ais Nasution,  Jalan Achmad Yani, Jalan Yos Sudarso hingga berakhir di Taman Kota Sampit. 

Tahun ini rute yang ditempuh adalah Jalan Achmad Yani menuju Bundaran Pemda, Jalan Kapten Mulyono, Jalan MT Haryono, Jalan Ais Nasution, Jalan Achmad Yani, Jalan Yos Sudarso dan berakhir di Taman Kota Sampit. 

Halikinnor menjelaskan, perubahan rute pawai ini menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Sebab, pawai pembangunan tahun ini dilaksanakan pada Minggu, bertepatan dengan jadwal ibadah umat Nasrani. Sedangkan, pada rute sebelumnya melewati beberapa gereja, sehingga adanya pawai dapat mengganggu kekhusyukan ibadah.

“Perubahan rute ini untuk menghormati saudara kita yang beribadah dan rute ini sifatnya bisa berubah-ubah, untuk tahun depan akan kita sesuaikan dengan perkembangan yang ada. Tetapi yang jelas tahun ini ada peningkatan dan tahun selanjutnya pun kita usahakan agar lebih baik lagi,” pungkasnya.

Pawai yang sangat meriah ini pun tak lepas dari antusiasme masyarakat. Ribuan masyarakat memadati sisi kiri dan kanan jalan sepanjang rute yang dilalui peserta pawai. 

Kemeriahan pawai pembangunan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kotim, Minggu (18/8/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Meski sempat gerimis, namun tak menghalangi animo masyarakat untuk menyaksikan keunikan dari setiap peserta. Terlebih, jadwal kegiatan yang dilaksanakan pada akhir pekan bertepatan dengan libur sekolah dan kantoran.

“Pawai tahun ini cukup seru, apalagi digelar pas hari minggu jadi ada kesempatan untuk membawa anak-anak untuk menonton pawai,” ujar salah seorang warga, Lukman.

Jumlah peserta pawai diperkirakan lebih dari 5000 orang yang terbagi dalam 251 kelompok, meliputi 65 kendaraan hias, 86 pejalan kaki umum, 71 pejalan kaki pelajar, 22 drum band dan 7 sepeda hias. 

Banyaknya peserta pawai membuat Bupati dan tamu undangan harus meluangkan waktu kurang lebih lima jam untuk memberangkatkan seluruh peserta. Acara yang dimulai pada pukul 08:30 WIB tersebut berakhir pada 13:30 WIB.

Sebelum menutup pawai pembangunan, Halikinnor menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia dan aparat keamanan, baik itu TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub yang telah menjaga situasi aman dan kondusif selama pawai. Khususnya, kepada petugas kebersihan yang harus bekerja ekstra untuk membersihkan sepanjang rute pawai setelahnya.

Baca juga: 581 WBP Lapas Sampit terima remisi HUT Kemerdekaan RI

Baca juga: DPRD dukung pembukaan dua rute penerbangan di Bandara Sampit

Baca juga: HUT RI pacu semangat menuju Indonesia Emas 2045