Pemkab Kotim dukung pengembangan pendidikan vokasi

id pemkab kotim, wabup irawati, pendidikan vokasi, smk, kotawaringin timur, sampit

Pemkab Kotim dukung pengembangan pendidikan vokasi

Wakil Bupati Kotim Irawati saat menghadiri pelepasan kelulusan peserta program vokasi, Kamis (22/8/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Kotim)

Sampit (ANTARA) -
Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Irawati menyatakan dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan pendidikan vokasi yang dinilai dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
“Kita ketahui bersama pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan bangsa. Pendidikan vokasi, saat ini menjadi salah satu yang dikembangkan pemerintah karena memiliki peran krusial,” kata Irawati di Sampit, Kamis.
 
Hal ini ia sampaikan saat menghadiri pelepasan kelulusan peserta program vokasi Lembaga Pendidikan Profesional (LPP) Quantum, salah satu lembaga pendidikan vokasi terkemuka di Kotim.
 
Irawati menuturkan, pendidikan memegang peran penting dalam pembangunan bangsa. Semakin tinggi kualitas pendidikan, semakin sejahtera suatu bangsa. 
 
Sehubungan dengan itu, pendidikan vokasi dinilai memiliki peran krusial dalam meningkatkan keterampilan dan mencetak lulusan yang siap menciptakan lapangan kerja. 
 
Pendidikan vokasi adalah program pendidikan tinggi yang fokusnya adalah penguasaan keahlian praktik. Program vokasi bertujuan untuk mempersiapkan tenaga yang dapat menetapkan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja dan mampu bersaing secara global.

Baca juga: Berikut ketentuan seleksi CASN di Kotim pada 2024
 
Oleh sebab itu, Pemkab Kotim mendukung penuh pengembangan lembaga pendidikan vokasi, karena dengan begitu diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
 
Pihaknya juga mendorong dunia usaha dunia industri, khususnya perusahaan besar swasta (PBS) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bisa membantu lembaga pendidikan vokasi agar semakin berkembang dan melahirkan lebih banyak sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.
 
“Kami juga mengajak dunia usaha dan industri untuk memprioritaskan sumber daya manusia lokal dalam proses rekrutmen, serta bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk memenuhi standar yang dibutuhkan,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu, Irawati pun berpesan kepada para wisudawan agar setelah lulus dapat terjun dan menjadi bagi masyarakat yang aktif menyelesaikan masalah, menerapkan keterampilan yang telah diperoleh sebaik-baiknya dan menjunjung tinggi nama baik almamater.
 
“Setelah menempuh pendidikan selama satu tahun, saya berharap kalian dapat menerapkan keterampilan yang telah diperoleh. Jadilah bagian masyarakat yang aktif menyelesaikan masalah. Mari bersama-sama kita bangun Kotim yang lebih maju,” demikian Irawati.

Baca juga: Pemkab Kotim wajibkan belanja pemeliharaan gedung lewat e-katalog

Baca juga: DPRD Kotim tetapkan enam fraksi untuk periode 2024-2029

Baca juga: Gunakan metode daur ulang, peningkatan Jalan HM Arsyad ditargetkan selesai Desember