DPMD Kapuas tingkatkan kapasitas operator desa dan kelurahan terkait prodeskel

id dpmd kapuas, pemerintah desa dan kelurahan, prodeskel, kuala kapuas,aparatur desa

DPMD Kapuas tingkatkan kapasitas operator desa dan kelurahan terkait prodeskel

PMD Kabupaten Kapuas menggelar bimbingan pengisian profil bagi operator desa dan kelurahan setempat, Kuala Kapuas, Kamis (22/8/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah memberikan bimbingan pengisian profil desa dan kelurahan secara online untuk petugas dari 48 desa dan 7 kelurahan.

“Profil desa dan kelurahan atau prodeskel adalah suatu aplikasi untuk mempermudah penyusunan profil desa dan kelurahan menggunakan aplikasi berbasis situs web, dimana data bisa diinput secara online,” kata Sekretaris DPMD Kapuas Selamat Sentosa di Kuala Kapuas, Kamis.

Adapun di wilayah Kapuas dari 214 desa, 17 kelurahan, 17 kecamatan, masih terdapat 55 desa dan kelurahan yang masih belum entri data secara online melalui link prodeskel.

“Sedangkan desa dan kelurahan sudah entri data namun status desa masih swadaya atau desa tertinggal,” katanya.

Profil desa dan kelurahan merupakan gambaran menyeluruh tetang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, pontensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan.

Kualitas pengelolaan profil prodeskel perlu terus ditingkatkan dalam rangka mewujudkan desa swasembada atau desa maju sebagaimana dijabarkan dalam Permendagri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan prodeskel.

Baca juga: Rumah Pangan B2SA di Tamban Lupak diharap bantu tingkatkan gizi masyarakat

Harapan kedepan untuk seluruh desa dan kelurahan yang ada di kabupaten setempat, dapat meningkat dari desa swadaya menjadi desa swasembada.

Dengan kata lain untuk membentuk pemerintah desa yang profisional, efektif, terbuka serta bertanggung jawab harus didukung dengan pengelolaan prodeskel yang merupakan gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat dan komprehensif.

“Pentingnya kegiatan ini, diharapkan operator desa dan kelurahan dapat mengikuti dengan baik,” tuturnya.

Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Desa DPMD Kapuas Syaiful Fadjri menambahkan tujuan bimbingan pengisian profil desa dan kelurahan untuk menuntaskan desa dan kelurahan yang belum entri data secara online melalui link prodeskel.

“Untuk peserta kegiatan, diikuti oleh perangkat desa dan operator desa dan kelurahan di 48 desa dan 7 kelurahan,” demikian Syaiful Fadjri.

Baca juga: DPMD fasilitasi kerja sama Pemdes Rawa Subur dalam pemanfaatan FABA

Baca juga: DPMD apresiasi panen raya program ketahanan pangan Pulau Telo Baru

Baca juga: Empat desa di Kapuas terima penghargaan lomba tingkat provinsi