Kwarcab Pramuka Barito Utara adakan AKP3 2024

id pramuka barito utara,akp3,barut,barito utara,kalteng

Kwarcab Pramuka Barito Utara adakan AKP3 2024

Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan gugus depan dalam rangka mengikuti kegiatan lomba Ajang Kreasi Pramuka Penggalang dan dan Penegak (AKP3) tingkat kabupaten setempat 2024 di halaman kantor bupati di MUara Teweh, Jumat (23/8/2024).ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar lomba Ajang Kreasi Pramuka Penggalang dan dan Penegak (AKP3) tingkat Kabupaten setempat 2024.

“Kegiatan APK3 ini diikuti setiap pangkalan atau sekolah penggalang maupun penegak yang ada di daerah ini dengan mengirimkan maksimal dua regu atau sangga Putra dan dua regu atau sangga putri,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, tujuan kegiatan AKP3 ini dalam rangka untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Penggalang dan Penegak dan Pendega. 

"Setiap regu atau sangga terdiri 6-8 orang anggota pramuka, adapun jumlah keseluruhan peserta penggalang putra dan putri dan penegak putra putri yang masuk ke panitia pelaksana berjumlah 288 orang," kata Syamiludin yang juga Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara ini.

Ketua panitia kegiatan AKP3 Anindhita Ridzki Aprila Buana mengatakan tujuan dan sasaran kegiatan ini adalah sebagai wadah menuangkan kreatifitas anggota pramuka penggalang dan penegak.

Selain itu sebagai tempat silaturahim atau anjangsana antar gugus depan pramuka penggalang dan penegak. 

"Evaluasi pembinaan pramuka penggalang dan penegak di gugus depan, menanamkan sikap pantang menyerah dan sportivitas," katanya.

Dia mengatakan juga dalam rangka meningkatnya ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, terbinanya tali persaudaraan dan ikut serta membangun jati diri bangsa, meningkatnya pengembangan mental, fisik, pengetahuan, jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri. 
Meningkatnya rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara serta bertambahnya pengalaman dan keterampilan,” kata dia.

Dijelaskan, kegiatan AKP3 tahun 2024 ini dilaksanakan pada 23-25 Agustus 2024 di lingkup Sanggar Pramuka Kwarcab Barito Utara Jalan Pramuka Muara Teweh.

Kegiatan ini juga mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI” dengan motto kegiatan “Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan” serta slogan kegiatan “Berbakti Tanpa Henti”.