Bupati Kotim minta pengurus baru PBSI tingkatkan prestasi bulu tangkis

id Bupati Kotim minta pengurus baru PBSI tingkatkan prestasi bulu tangkis, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, olahraga

Bupati Kotim minta pengurus baru PBSI tingkatkan prestasi bulu tangkis

Bupati Kotim serahkan bendera PBSI kepada pengurus yang baru, Rabu (28/8/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor berpesan kepada pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) setempat untuk mengoptimalkan segala upaya untuk memajukan dan meningkatkan prestasi Kotim di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

“Harapan kami kepada PBSI agar bisa meningkatkan prestasi bulu tangkis, apalagi pengurus baru banyak yang masih mudah, sehingga punya banyak ide, inovasi dan gagasan untuk kedepannya,” kata Halikinnor di Sampit, Rabu.

Hal ini ia sampaikan ketika menghadiri acara pelantikan pengurus PBSI Kotim masa bakti 2023-2024, sekaligus pembukaan Turnamen Badminton PBSI Cup 2024 di Gedung Olah Raga (GOR) Habaring Hurung. Pelantikan dipimpin Ketua Umum Pengurus Provinsi PBSI Kalimantan Tengah, Sugiyanto. 

Halikinnor menyebut, Kotim punya potensi yang sangat besar di cabor bulu tangkis, bahkan dulu Kotim paling disegani di Kalimantan Tengah pada cabor tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu dan berbagai kendala membuat kejayaan bulu tangkis Kotim mulai meredup.

Untuk mengembalikan masa kejayaan bulu tangkis Kotim, ia meminta pengurus PBSI agar segera menyusun program kerja untuk beberapa bulan ke depan, khususnya terkait pembinaan terhadap para atlet. Pemerintah daerah siap mendukung baik secara moral maupun materil.  

“Saya tidak peduli berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembinaan para atlet dan kegiatan lainnya untuk kemajuan bulu tangkis Kotim. Sepanjang untuk prestasi pasti saya bantu,” ujarnya.

Halikinnor juga membeberkan, bahwa pihaknya akan meningkatkan fasilitas olah raga bulu tangkis melalui bantuan dana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ia berkeinginan untuk membangun fasilitas olah raga bulu tangkis di Kotim bisa memenuhi standar nasional.

Baca juga: KPU Kotim sebut tiga paslon kompak mendaftar di hari terakhir

Apabila itu terwujud, maka pemerintah daerah berencana mengundang atlet bulu tangkis nasional untuk bermain di Kotim. Namun, ia mengingatkan agar para atlet lokal mulai dari sekarang dapat meningkatkan skill dan kemampuan serta membangkitkan cabor bulu tangkis di Kotim.

“Saya yakin dengan pengurus yang baru, apalagi dia bukan hanya pelatih tapi juga memiliki fasilitas olahraga bulu tangkis, sehingga bisa membantu anak-anak untuk bagaimana meraih prestasi,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pengurus PBSI Kabupaten, Cindra menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan semua pihak kepada mereka sebagai pengurus yang baru.

“Kami menyadari menjadi pengurus PBSI bukanlah tugas yang ringan, tantangan dan harapan yang besar nantinya agar kita bisa memajukan bulu tangkis di tingkat nasional maupun internasional,” sebutnya.

Disamping itu, ia juga menerangkan terkait kegiatan Turnamen Badminton PBSI Cup 2024 yang dibuka setelah pelantikan. Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Turnamen ini dibuka untuk umum dengan enam cabor yang akan dilombakan.Pesertanya datang berbagai kecamatan di Kotim, yakni Kecamatan Cempaga, Parenggean, Mentaya Hilir Selatan serta yang paling utama adalah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang.

Baca juga: Wakili kaum muda, Rudini-Paisal optimistis menangi Pilkada Kotim

Baca juga: Disdik Kotim gelar lomba guru berprestasi untuk gali potensi

Baca juga: Polres Kotim siagakan 120 personel untuk amankan kantor KPU